Langsung ke konten utama

Postingan

Unggulan

Rujukan BPJS

Gue lagi pengen berkeluh kesah seperti biasa. Kali ini bukan mengeluh karena jadi koass, tapi ngeluh jadi dokter internsip puskesmas yang selalu serba salah debat sama pasien karena rujukan BPJS. Bagi gue yang dulu menjalani koass di rumah sakit tipe A, gue udah cukup sering denger keluhan dokter dokter spesialis tentang dokter di PPK1/puskesmas. Biasanya seputar 'kok pasien kayak gini aja dirujuk sih'. Kalimat ini bakal keluar untuk pasien-pasien yang menurut si dokter bisa selesai di PPK1 tapi malah dirujuk ke dokter spesialis. Kemudian bagi pasien pasien yang rujukannya telat, si dokter bakal bilang 'kok baru sekarang di rujuknya'. Omongan-omongan ini bikin gue waktu itu berjanji sama diri sendiri untuk ngerujuk di saat yang tepat, kasian pasiennya kalo harus menderita karena telat penanganan di PPK1.

Setelah hampir dua bulan (iya baru dua bulan) di PPK1, gue menjadi paham kenapa dokter puskesmas harus merujuk pasien yang mestinya selesai di PPK1 dan menahan pasien …

Postingan Terbaru

When I Said Yes

Miss V Sehat, Bisa Bebas Jadi yang Kumau!

Hot and Cold

Residen

Bahagia

Kenapa jadi dokter?

Dikhianati

Kudu Pinter!

Lika liku