Miss V Sehat, Bisa Bebas Jadi yang Kumau!

Keputihan merupakan keadaan yang sering terjadi pada wanita, seringnya membuat para wanita jadi gak bebas beraktivitas karena harus berkutat dengan perasaan tidak nyaman di daerah kewanitaan. Sebenarnya keputihan ini bisa terjadi karena dua hal, ada yang fisiologis (bukan suatu penyakit) dan ada yang patologis (penyakit). Cara membedakannya, apabila keputihan merupakan hal yang fisiologis, cairan yang keluar biasanya jernih/bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal. Keputihan ini biasanya disebabkan ketika wanita sedang masa subur/ovulasi. Hal ini merupakan suatu yang wajar dan tidak perlu di khawatirkan. Sebaliknya, keputihan yang merupakan suatu penyakit biasanya warnanya tidak jernih, bisa berwarna putih, kehijauan, atau ke abu-abuan. Selain itu, biasanya cairan yang keluar juga berbau dan menyebabkan gatal. Kebayang dong gimana mengganggunya! Kalau sudah terlanjur punya gejala seperti itu, sebaiknya langsung ke dokter. Karena keputihan yang merupakan penyakit ini penyebabnya bisa macem-macem dan obatnya juga berbeda untuk setiap penyebab.
Meminjam pepatah lama, lebih baik mencegah daripada mengobati! Supaya kamu bisa beraktivitas dengan nyaman, ada beberapa tips menjaga kebersihan miss V agar terhindar dari infeksi area kewanitaan.



  • Ganti Pakaian Dalam Minimal 2x/hari

 Untuk menjaga kelembaban dan kebersihan, disarankan untuk mengganti pakaian dalam 2x/hari. Apabila mengalami keputihan yang fisiologis, disarankan mengganti celana dalam setiap kali ada cairan yang menempel di celana. Pemilihan bahan celana sebaiknya yang menyerap keringat supaya area kewanitaan tetap terjaga kelembabannya. Karena area yang lembab sangat baik untuk pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi.


  • Setia pada Pasangan
Kebanyakan para wanita Indonesia di luar sana dengan adat ketimurannya masih tabu untuk membicarakan hal ini, namun kenyataannya banyak wanita keputihan karena infeksi dari pasangan seksualnya. Beberapa parasit dan bakteri penyebab keputihan hanya dapat ditularkan dari hubungan seksual. Jadi sebaiknya, sama-sama saling menjaga diri agar tidak saling menularkan ke pasangan sesksualnya masing-masing. Kebanyakan sih, para laki-laki nih yang suka jajan sembarangan! #eh. Nah, kalau kitanya sudah menjaga tapi gak yakin pasangan kita menjaga atau tidak, sebaiknya berhubungan seks menggunakan kondom, karena kondom efektif untuk mencegah penyekit menular seksual. Daripada sudah jatuh tertimpa tangga, yakaaan~


  • Hati-Hati Menggunakan Sabun di Miss V
Umumnya, banyak yang beranggapan agar area kewanitaan bersih, harus sering dicuci menggunakan sabun. Gak sepenuhnya salah, tapi juga gak sepenuhnya benar. Karena, vagina sebenarnya sudah memiliki pertahanan tersendiri melawan infeksi. pH vagina yang normal adalah asam (3.8-4.5). Keasamaan ini memiliki kegunaan untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi. Uniknya, zat yang menyebabkan vagina memiliki pH asam ini juga dihasilkan oleh bakteri. Itulah kenapa, penggunaan sabun antiseptik akan menyebabkan bakteri baik tersebut mati, dan akhirnya pH vagina berubah jadi lebih basa, Akhirnya, bakteri jahat bisa bebas untuk tumbuh tanpa ada hambatan. Sabun yang biasa kaumu gunakan untuk mandi juga haram untuk digunakan di vagina, karena sifatnya yang basa akan menyebabkan perubahan pH vagina yang bersifat asam tadi. Untuk itu, aku biasanya memakai Lactacyd Feminine Hygiene untuk merawat daerah kewanitaanku, karena Lacatcyd merupakan brand Internasional yang terpercaya untuk pembersih kewanitaan. Selain pH nya sesuai dengan keadaan normal vagina, Lactacyd Feminine Hygiene ini juga telah teruji klinis bebas dari iritasi.

Nah, baru-baru ini Lactacyd ngeluarin produk baru, yaitu Lactacyd Herbal (klik untuk info lebih lanjut) yang diformulasikan khusus untuk menjawab kebutuhan wanita Indonesia. Gak kalah dari yang sering aku pakai, yang sudah tentu akan menjaga keseimbangan pH normal vagina. Lactacyd Herbal juga  bebas iritasi karena sudah teruji klinis dermatologis, sehingga dapat digunakan setiap hari, Lactacyd Herbal ini malah banyak banget plusnya! Karena Lactacyd Herbal ini dibuat dari bahan-bahan alami yaitu ekstrak sirih, ekstrak susu, dan ekstrak mawar yang dapat membersihkan, melembutkan dan sudah tentu merawat area V.
Jadi, kamu bebas beraktivitas tanpa harus terganggu dengan perasaan gak nyaman di area V kamu! Dengan miss V yang sehat, kamu bisa bebas untuk mejadi apapun yang kamu mau!

Komentar

Postingan Populer