#GalauSNMPTN2011

I'm back! akhirnya setelah melalui perjalanan panjang, alhamdulillah saya lulus dari SMAN 39 dan melanjutkan ke Fakultas Kedokteran UNS. Ga nyangka kan?! Sama gua juga ga nyangka -,- mana gitu gua gada temen satupun yang di UNS. And now, I am busy trying to assure myself that everything will workout allright.

Kenapa judulnya begitu?heem kenapaa ya heem, suka suka gua lah mau ngasih judul apa, ga nyambung juga bomat *jdug*. Heee apasih gua -,-Iya jadi gini, gua belom pernah ngerasain galau yang ampe kayak galaunya snmptn kemaren. Suer deh galau ampun ampunan, gua sampe sariawan dua kali, seminggu sebelum tes dan seminggu sebelum pengumuman (fyi gua kalo lagi stres parah jadinya sariawan).

Heran kan kenapa bisa sampe stres kayak gitu? Lo harus ngerasain sendiri gimana rasanya gak dapet kuliahan, di gantung gatau lo mau sekolah dimana nanti, apakah disini, ataukah disana,
atau mungkin gak dimana mana. Itu rasanya kayaaak....gak bisa diungkapkan kata kata deh.

Awalnya jauh jauh hari gue udah nanya nanya sama kaka kelas gimana baiknya, milih jurusan, bimbel, dan segala macemnya. Sebisa mungkin strategi terbaik udah gue siapkan dengan matang. Tapi tiba tiba, jeeng jeeng, pemerintah merubah sistem masuk PTN buat taun gue, no more ujian mandiri sebelum snmptn, dan munculnya snmptn undangan. Keder? jelas! Panik? Apalagi!. Akhirnya gua cari informasi sebanyak banyaknya, mulai dari kaskus, temen temen sekolah lain juga. Ternyata snmptn undangan ini sama kayak pmdk cuma pilihannya bisa terserah, malah total bisa sampe 6 prodi. Tapi kabarnya UI ITB UGM gak mau dijadiin pilihan kedua, begitu pula yang prodi favorit. Tapi emak gue tetep kepengen sama kedokteran, gue nya gak mau karna ngeliat nilai gue yang gua rasa gak akan cukup buat kedokteran. Yowis lah gua cari cari jurusan bagus yang peminatnya dikit. Emang ada? adaaa dooong, guee getoh *apasih*. Hasil dari pertapaan gue 7 hari 7 malem akhirnya memutuskan untuk memilih Teknik Fisika UGM. Satu satunya pilihan gue untuk snmptn undangan. Karna gua liat peminat taun lalu lebih kecil daripada kuotanya. Pilihan gue mendapat banyak pertentangan, dari mulai keluarga hingga temen temen. Akhirnya gue bilang sama nyokap kalo misalnya ini gak keterima gue bakal milih kedokteran pas snmptn tertulis. Tadinya gue mau ngakal ngakalin emak gue, soalnya gue pikir Fistek UGM kan gak tinggi gradenya, nilai gue segitu mah masuklah (pede banget).

Hari pengumuman tiba, kata situsnya pengumuman bisa di akses jam 19.00. Tapi ternyata leak bermunculan dari pagi, gue baru sempet buka nya sore. Deg degan, jelas lah. Gua masukin nomer pendaftaran dan tanggal lahir gue sambil gemeteran. Gue nunggu nunggu. Emak gue dari sore udah bilang kalo gue gabakal lulus, tapi ya gua kan udah pede masa iya gak lulus. Tiba tiba hasil dari layar keluar.
.......
Maaf, anda tidak lulus seleksi snmptn undangan 2011 (kurang lebih begini)
.......
Jleb, mikir agak lama. Langsung yang ada dibenak gue adalah 'gue harus masuk FK UNS!'
Sakit hati, beneran gak enak. Rasanya tuh kayak gue gak pantes buat ada di situ, padahal tau apa mereka soal gue huh. Belom lagi besoknya adalah gladi bersih wisuda, ngeliat twitter sama pesbuk aja tuh ya sakit ati, apalagi ketemu terus ditanya, 'lo gimana? dapet ga?' itu masih mending sih, yang lebih parah adalah kalo ada yang bilang 'loh masa sih? kok gak lolos? fistek kan rendah?' rasanya pengen bilang 'ya mana gua tau tanya aja ama panitianya -__-'

Ternyata eh ternyata seleksi itu dipengaruhi sama banyaknya lulusan yang ada di univ tersebut, alhasil anak galan ya paling banyak masuk UI lah.

Gara gara sakit hati ditolak UGM, gue langsung belajar, PS NF gua kerjain, gue jadi sering ikut konsul. Sisa hari tinggal 2 minggu kurang lagi menuju snmptn tertulis. Gue mantepin diri buat milih FK UNS sama Gizi UI. TO pun tinggal sekali lagi. Rasanya gue gak mau main kemana mana. Baru kali itu gue ngerasa bener bener bisa belajar seharian, gak keluar kamar, dan frustasi gara gara materi banyak banget dan gue gak ngerti ngerti. Terbersit penyesalan di diri gue, kenapa gue ngarep sama undangan, kenapa gue ga belajar dari dulu, kenapa dan kenaapa. Bersyukur gue les di NF yang ada BIP nya, gue inget kata kata kaka BIP waktu gue masih ngarep undangan.
'Kita itu sama kayak orang yang lagi manjat tebing, sama sama pengen mencapai puncak. Kita bakal ninggalin jejak jejak di tebing yang menandakan kita pernah mendaki itu dengan susah payah, dengan berjuang. Sama kayak SNMPTN, kertas TO yang kalian coret, PS yang kalian kerjakan, sampe nanti akhirnya nanti nama kalian akan di cetak di koran pada tanggal 30 Juni 2011'

Gue. merinding.
Semangat gue terbakar, gue percaya gak akan ada usaha yang sia sia. Hari hari berlalu, sampe akhirnya udah deket ke SNMPTN. Materi BIP ngebahas tentang sabar dan syukur. Semua kakak kakak NF ngingetin supaya tetep berusaha dan berdoa dan kalopun gak diterima jangan putus asa. Seneng bisa ketemu mereka :').

'Jangan panik, kerjain aja yang kalian bisa, gausah di target targetin, yang penting kalian keluarin kemampuan maksimal kalian hari itu, hasilnya terserah Allah' -kak azni-

'Semangat ya! Allah juga kan ngeliat usaha kita, beda kalo misalnya kita gak usaha' -Kak Eva-

'Allah gak akan mendzhalimi hamba-Nya' -Mba Tika-

'Semoga kita gak akan ketemu di tempat ini lagi ya, aamiin' -kak zein

Hari H pun tiba, semua persiapan udah gue siapin dari mulai alat tulis sampe makanan. TO terakhir gue alhamdulillah tembus 825. Seenggaknya itu bisa nambah kepercayaan diri gue. Berangkat lah gue pagi pagi ke SMP 216 dianter bokap nyokap, malem nya gue udah survey dianterin abang. Pas udah masuk sekolah salim sama nyokap, terus nyokap nyium kening. Rasanya pengen nangis :'( . Takut ngecewain nyokap nanti nya. Ini hari bakal jadi hari bersejarah banget buat gue, mungkin yang lain juga. 500ribu orang ikut tes, dan cuma 100ribu yang bisa lolos. Rasanya... merinding gak karuan. Gue deg degan parah. Gue bareng sama opi, ayu , ceece, lintang, dan gue seruangan sama temennya opi.

Hari pertama ngerjain TPA sama Kemampuan Dasar. TPA alhamdulillah aman, masalahnya adalah di kode soal, karna syndrome panik, gua gatau udah ngisi kode bener apa kaga. K. Dasar gak kalah buruknya, yang harusnya gue bisa, malah jadi kaga bisa gara gara panik. Gue tau banget itu soal gak sesusah TO biasanya. Gue dulu kalo TO gak ngisi berarti gak bisa, kalo sekarang gua ga ngisi karna gua gak nemu jawabannya. Itu bikin panik bangeeet.

Pulang ke rumah gue lemes, bilang sama nyokap biar nyokap gak terlalu ngarep, gue solat berdoa udah kayak apaan tau, sempet nangis, supaya besok pas IPA bisa tenang.

Besoknya gue udah gak separah hari pertama deg degannya, tapi gemeteran mah tetep, over all gue bisa ngerjainnya walopun tetep banyak yang saalah itung.

Gue memutuskan buat gak ngeliat konci jawaban, gue berharap kalo keajaiban bakal terjadi sama gue. Walopun akhirnya gue galau gara gara ngeliat QC di kaskus. Sariawan gue makin parah sampe akhirnya gue ikutan STIS dan juga nge apply beasiswa monbukagakusho. Gue ngerjain STIS beda banget sama ngerjain snmptn, gue ngerjain rileks walopun gua gak bisa bisa amet, tapi gue ga ngerjain karna gua gak bisa jadi ya gamasalah mau diapain lagi.

Hari Sabtu, 11 Juni 2011 pengumuman STIS, gue lolos tahap 1 alhamdulillah. Saat itu juga sariawan gue membaik ahaha. Walopun cuma lolos tahap 1 tapi gue seneng aja soalnya kalo ditanya sama orang seenggaknya gua gak sedih sedih amat gitu nasibnya -__-.
Gue mempersiapkan diri buat wawancara dan psikotes. Pas psikotes lancar lancar aja sih, kan ada tes gambar, yaudah gua gambar seadanya, gua liat yang lain bagus bagus banget, sampe sempet ngomong dalam hati 'nih orang kenapa ngambil stis bukan ngambil DKV aja -,-'.
Besoknya adalah tes wawancara, gue ke kosan kaka gue dulu karna gue dateng kepagian. Jam 7 lewat berangkat dari kosan kaka gue menuju TKP, ternyata gue di wawancarin sama ibu ibu namanya Bu Iin. Waawancara berjalan lancar sampe akhirnya dia ngomong.
'Kamu seneng gitu kalo misalnya se kampus sama kakak kamu di sini? kalo saya sih risih, anak saya tiga tiga nya gak ada yang mau masuk sini'
JLEB. nyesek.
'Yakan bu ini kuliah jamnya aja beda beda lagian kan kaka saya udah tingkat tiga'
'ya tetep aja saya sih gasuka, kalo misalnya di UI kan mending tuh beda beda nanti kerjanya, kalo kamu kan bakal sama'
'kan penempatannya beda beda bu'
'ya tetep aja sih saya mah risih kalo jadi kamu, ya gatau ya kan orang beda beda'

Gue. Sakit. Ati.
Apa masalahnya coba, gua masuk sini juga pake otak gue sendiri. Dari situ, gue ilfeel sama STIS, rasanya gamau kuliah disitu, tepatnya gamau ketemu ibu itu. Gue jadi makin ngarep sama UNS walopun rasanya gak mungkin.

Hari pengumuman tiba, jam 19.00 bisa diliatnya, bingung kenaapa juga harus sama kayak undangan sih jamnya -__-
Tapi sukur gue masih di jalan abis dari pasaraya, jadi gak sempet liat yang leak, mila udah sms dia keterima, gue udah siapain mental kalo ternyata gue di tolak. Ngebayangin orang pada nanya keterima dimana dan gue bilang 'belom dapet hehe'. Tapi kok gue tenang tenang aja ya ckck. Nyokap bilang feeling beliau keterima, cuma gua gak mau kepedean kayak pas snmptn undangan.

Maghrib sampe rumah langsung nyalain kompi, belum bisa dibuka ternyata, tungguin sampe jam 7, traffic. Akhirnya Isya dulu, solat sambil deg degan kayak mau keluar jantungnya.

Selesai solat balik ke kompi, masukin nomer dan tanggal lahir gak bisa bisa. Sampe akhirnya pas nyokap bokap ngumpul gue lagi diajak ngomong, pas gue balik lagi ke kompi.
------
Selamat anda di terima di Pendidikan Dokter Universitas Negeri Sebelas Maret'
------
Gue tereak alhamdulillah langsung nangis pelukan sama nyokap nangis juga. Rasanyaa......uoooow gokil!. Hasil dari kerja keras, doa orang tua, kebaikan mereka, dan doa gue yang gak ada henti meminta sama yang Maha Kaya :)
Langsung sms ngabarin temen temen yang minta dikabarin. Gak berani masang status karna ngehargain temen temen gue yang mungkin emang belom rejekinya.

Dan yaaa seperti ujian ujian lain ada yang lolos dan ada yang enggak. Sabar dan Syukur. Itu kuncinya. Semua usaha gak ada yang sia sia, akhirnya gue bisa ngerasain deg degan snmptn tertulis, perjuangannya belajar seharian bolak balik bimbel, ngeliat orang setiap di busway yang bawa tas raata rata lagi pada abis tes snmptn. Ini adalah tes tergokil yang pernah gua ikutin. Dengan peserta seluruh Indonesia. Selamat bagi yang lolos! Dan tetap sabar bagi yang belum berhasil! Buat adek adek yang mau snmptn, banyakin doa usaha dan berbuat baik, dan yang pasti restu dan doa orang tua! :D

Some will win, some will lose
Some are born to sing the blues
And now the movie never ends
It goes on and on and on and on

Don't stop believin
Hold on to that feelin'

Hoping that we will be the winner :) but dont forget, sometimes we win, but then we have to be ready to be a looser.

Setelah berapa lama, hari ini gue dapet sms dari monbu buat ikut tes, dan gue malah bales salah kirim yang harusnya balesan ke mila. Kayanya dia sewot deh jadi malau gak enak. Mungkin belom waktunya gue ke jepang, semoga taun taun depan ya aamiiin.
Terakhir adalah quote dari uminya jemi

'Kamu lolos snmptn bukan karna kepintaran kamu, tapi karna kuasa Allah'

Salam Gawul! Mohon doanya supaya bisa jadi dokter yang baik! :D

Komentar

Postingan Populer