Kapan Bisa Punya Rumah?

Semenjak nikah, pertanyaan ini selalu dilontarkan orang tua gue ke diriku dan suami. Sedikit cerita, suami gue prefer ga ambil KPR, selain karena riba, bunga nya juga super gede dan merasa kalo misal belom mampu punya rumah ya ngontrak aja ga masalah. Ortu gue makin gemes karena tau tabungan suami cukup buat DP KPR. 
Alasan ortu gue saat itu adalah :
  • Properti harganya akan terus naik, sedangkan nilai uang turun karena inflasi. Mau nabung pelan pelan gak akan kebeli properti karena ya uangnya akan kegerus inflasi.
  • Daripada uangnya buat bayar kontrakan mending buat bayar kredit perbulan, toh makin lama nilai uang bakalan turun dan lama lama ga berasa udah lunas aja.
Tekanan tambah berat ketika satu persatu sepupu gue yang baru nikah mulai menempati rumah KPR nya. Sebenernya, kondisi nya tidak sebagus itu, bahkan mereka jadi ngos ngosan karena seluruh gajinya harus membayar KPR dan masih harus merenovasi beberapa bagian rumah agar layak huni. Ada lagi yang perumahannya jauh banget dari jakarta dan akses kendaraan umumnya sulit. Kondisi saluran airnya pun juga ga bagus. Intinya sih sebenernya ada harga ada barang, tapi suami gue tetep kekeuh sabar aja dulu, rejeki ga akan kemana, daripada ngambil KPR keburu-buru malah rugi.

Ada masa dimana gue ga tahan sama omongan ortu, kesel rasanya karena nge push untuk punya rumah terus. Tapi ya gimana gue aja belom berpenghasilan, semua asalnya dari uang suami. Gue sampe pernah ngitung kalo nabung sekian dari gaji bakal sampe kapan bisa punya rumah. Hasilnya masih bertahun tahun kemudian, lalu gue mikir nanti kalo punya anak gimana, kalo ini dan itu gimana. Sampe sampe gue ga napsu buat jajan lucu karena pengennya cepet punya rumah.

Gengsi ini emang bikin idup jadi susah sih, sebenernya ya ga masalah kan ngontrak seumur idup pun pait-paitnya. Paling diomongin orang aja 'Kok masih ngontrak aja?', padahal kalo kita kelilit utang KPR pun mereka gada yg mau bayarin.

Singkat cerita suami tetep kekeuh sama pendiriannya walaupun ku udah senewen dan ngomel ngomel, ga bertahan lama sih paling sehari abis itu ya jajan lagi hehehe.
Akhirnya kita cari tanah, suami emang pengennya nge design rumahnya sendiri biar srek. Suami ini emang orangnya perfeksionis. Milih buah atau sayur dipasar aja diliatin satu satu dari ujung ke ujung, kadang ku suka lelah karena biasanya asal comot comot aja. Beli tanah ini pun super drama, karena nyokap masih waham curiga sama suami, istilahnya suami gue ini udah ngebawa anaknya idup susah. Jadi kayak ga rela anaknya ngontrak dan nyari tanah yg jauh dari ortu. Padahal yg punya ide jauh dari ortu gue adalah gue sendiri. Karena gue gasuka dirusuhin orang, termasuk ortu sendiri. Eh giliran mual mual begini dengan sendirinya balik ke rumah ortu, lemah emang.

Akhirnya gue beli tanahnya bokap, agak masuk ke dalam sih dari gang depan, tapi cukup oke lah karena emang uangnya adanya juga cuma cukup untuk beli itu. Setelah beli tanah, nyokap menyarankan minjem uang ke bank untuk bangun rumah. Yaampun, emang gada abisnya ya. Ku dan suami tetep kekeuh gamau minjem ke bank, kalo mau soft loan aja dari nyokap. Ngelunjak yha. Sabar sabar lagi aja ndengerin omongan ortu dan sodara sodara lain sambil banyak doa semoga rejeki lancar. Sampai hari ini akhirnya perjuangan untuk punya rumah hampir terbayar, tabungan udah cukup untuk mulai bangun tahap 1. Iya, kita mau bikin rumah tumbuh, jadi bangunnya nyicil gitu deh.

Percayalah sebaik baiknya beli rumah itu ketika memang butuh, kenapa :
  1. Properti selalu naik itu hanya mitos sodara sodara, memang ada kenaikan dari 2008-2014 yg super wow tapi untuk saat ini banyak kok properti diobral. Tunggu timingnya aja kak kalo kata Jouska. Jadi gausah sedih dan gausah terburu buru. Biarin aja orang mau ngomong apa, inget mereka ga akan bayarin cicilan bulanan anda
  2. Bunga KPR saat ini masih bisa dibilang cukup besar, iya cukup besar untuk mengganggu cashflow. Misal ya, rumah di pinggiran jakarta yang cukup layak bisa dihargain 700 jt. DP misalnya 100 jt, jadi utang ke bank nya 600 jt. Bunga setaun sekitar 9% yaitu 54jt. Sedangkan komposisi cicilan di taun awal itu sangat lebih besar bunga. Jadi jangan heran kalo pada tahun ke sekian nanya utang pokoknya udah kebayar berapa, paling baru kebayar 1/3 nya. Karena di awal emang bayarnya ya bayar bunga
  3. Ngontrak lebih murah daripada nyicil! Yes banget ini, ku ngontrak petakan di condet, harga 1 jt per bulan. Bayangin dong bunga taunan KPR dikurangin sewa kontrakan gue, sisanya bisa banget ditabung buat yang lain. Cukup banget buat pasangan baru nikah, bersihinnya juga ga rempong, yang rempong ya kalo mikirin omongan orang~~
  4. Ngutang itu ga enak~ seumur umur nikah, alhamdulillah ga pernah punya utang. Suami ga punya utang dan ga punya credit card juga. Waktu mau ngutang buat bangun rumah ini pun gue mikir, duh bakal tenang ga ya idup gue kalo harus bayar utang tiap bulan. Walaupun udah disisihkan tp masih ada takut kalo cashflownya bakal berantakan.
Yak, sekian cerita perjuangan gue untuk sabar menanti punya rumah. Sebenernya beli sesuatu karna butuh ini harus diterapkan ke semua hal sih. Cuma properti ini emang mitosnya banyak banget, ga cuma properti sih, segala yang berhubungan dengan finansial banyak banget mitosnya. Gue bersyukur udah follow jouska di instagram karena jadi lebih ada pencerahan. Ku juga jadi mulai nabung saham. Bersyukur juga punya suami berpendirian dan galak sama hal hal kek gini. Tapi selalu ngedukung gue untuk belajar hal baru, termasuk saham. Karena ortu gue anti banget sama saham huft. 

Ah ya untuk perkiraan bangun rumah ini memang sebaiknya pake perencanaan yang matang, bisa konsul tipis tipis sama suami eike kalo butuh bantuan tp gabisa buru buru karena deadline kantor banyak cyiin. Punya perencanaan yg mateng itu bisa meminimalisir overbudget, space nya juga jadi lebih maksimal dan disesuaikan kebutuhan ownernya. Tenang, fee nya ga mahal kok, dia seneng bantuin para pejuang nabung tanpa KPR hahaha.

Sekian dan terimakasih.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer