"Mau Jadi Apa Lo?"

Pertanyaan itu sering banget muncul pas jaman labil SMA kalo lagi males belajar, apalagi pas kelas 3 dimana semua anak mau gak mau harus nentuin kemana dia bakal nerusin sekolahnya. Sekarang gue udah ada kemajuan, gue bisa jawab "mau jadi dokter". Tapi ternyata "jadi dokter" aja ga cukup. Ospek fakultas kemaren nyadarin gue kalo "Dokter" itu bukan hal sepele yang kalo udah masuk jurusan kedokteran lantas bisa sante sante, nyatanya masuk kedokteran adalah awal dari masa masa santai lo terenggut. Berawal dari gak tidur dua hari dua malem buat ngerjain tugas, pas udah pagi ternyata salah dan diomel omelin sama kaka tingkat, pas pulang di kasih oleh oleh hapalan karna salah ngerjain tugas.

Pas Ospek, banyak pembicara yang ngisi, mulai dari dokter yang jadi entertainer, jadi dia sering ngisi acara di tivi tivi gitu, trus juga dokter peneliti, dan ada juga dokter yang jadi dekan. Mereka bilang, kita mau gimana juga tetep aja bakal jadi dokter, cuma masalahnya mau jadi doker apa?

Dari situ timbul lagi pertanyaan ke dalam diri gue sendiri, "gue mau jadi dokter apa? yang kayak gimana?"

Belom lagi sumpah sumpah kedokteran dari mulai sumpah mahasiswanya sampe yang udah jadi dokter, itu sangat sangat berat menurut gue. Mungkin ini dikarenakan niat awal gue yang cuma jadiin PD sebagai pelarian gue dari teknik, dan juga buat nyenengin emak gue karna pengen salah satu anaknya ada yang jadi dokter.

Setelah disini gue sadar bahwa profesi dokter itu gak main main, nyawa orang ga bisa di ganti pake duit sebanyak apa pun. Jadi dokter bukan soal uang, prestige atau apapun itu yang selama ini keliatan dari masyarakat. Dokter itu masalah pengabdian. Sekarang, gue jadi ngerti, ketika ada orang yang bilang, "waelah, cuma megang meriksa dikit aja 50ribu". Nyatanya buat bisa meriksa megang dikit itu perlu perjuangan keras gak tidur seminggu kalo ada ujian.

Udah H+2 ospek, pesen dosen lab anatomi (baca:mayat) masih terngiang ngiang di pikiran gue, "ku ikhlaskan tubuhku semoga bermanfaat untuk ilmumu. Semoga menjadi amal bagiku". Itu gak persis kayak gitu sih, lebih dalem, karna sambil ngangkat tangan kanannya gue jadi pengen buuru buru -___- . Intinya itu jleb banget ke gue, belajar jadi dokter gabisa main main, yang selama ini gue males malesan udah gabisa gitu lagi, gue belajar demi masyarakat, sekali lagi pengabdian, dan semoga bisa jadi amal gue juga kelak aamiin.

Awalnya, setelah ospek itu gue mikir apa gue bisa survive disini, apa gue ikut snmptn lagi aja, cuma gue tau itu ga bersyukur banget. Jadi sekarang alesan gue buat tetep belajar sungguh sungguh disini adalah...bersyukur. Semoga nanti alesan gue bisa nambah deh.

Buat yang lagi galau mau masuk jurusan apa, mending pikirin baik baik, jangan sampe kayak gue, khusus untuk dokter, buat jadi dokter gak butuh otak jenius atau apa itu namanya. Buat jadi dokter yang penting lo punya willingness yang gede dan peduli sama orang. Kalo kata kaka tingkat "perjuangan masuk FK gada apa apanya pas udah belajar di FK".

Komentar

Postingan Populer