Munjam Makassar

Mungkin ini yang namanya rejeki ga kemana. Sebelumnya ga pernah kepikiran mau ikut munjam taun ini, tanggal nya yang ngelewatin banyak ujian, ngelewatin simpo sama makrab pula, bikin gue dan mungkin yang lain mengurunkan niatnya buat ikut munjam taun ini. Mungkin lain kali, pikir gue. Tapi tiba tiba H-2 kak jen nelpon nyuruh ikut, seketika galau, nelpon ibu, dapet restu dan malah disuruh ikut, yaudah bismillah akhirnya berangkaaat~

Karena hari yang udah mepet pet banget akhirnya beres beres seadanya, packing juga seadanya, siap siap seadanya. Akhirnya jam 2 kita berangkat ke surabaya, karena disanalah pesawat menuju ke makassar paling murah harganya.
dianter anak anak vagus :3
 Kita naik bis sumber kencono, dan gue baru inget kalo tas gue yang isinya dompet dkk ketinggalan di beskem. Untung aja mba donda megang kartu perlajar gue, kalo enggak....sudahlah.
Setelah 8 jam perjalanan kita sampe ke terminal bungurasih lanjut ke bandara naik taksi, itu udah mepet banget sama waktu flight kita. Untungnya masih keburu.
SUB-UPG :D

Kita semua norak senorak  noraknya, ini adalah perjalanan terjauh kami. Sepanjang jalan ngebahas masalah ga nyangka akhirnya ke makassar, ngebayangin makassar itu kayak apa. hahaha norak sekali yah. Setelah 3 jam terbang, sampailah di bandara sultan hasanudin makassar sekitar jam 2 pagi.
finally makassar~

Sampe bandara dijemput sama hanan, kita mampir dulu karna laper ke .... bagadang, titik titiknya lupa namanya susah, kalo ga salah huruf depannya S. --"

Abis mampir beli makan, kita langsung ke penginapan, oiya harusnya hari jumat malem itu udah ada welcome party, tapi karena 2010 masih ujian jadi kita gabisa ikut. Di penginapan kita makan makanan yang udah dibeli tadi di jalan, suer enaaak. Setelah kenyang langsung ke kamar masing masing. Ternyata gue sendirian aja gitu, yaudah lah ya enak bisa bebas hahaha. Gue beres beres tidur bentar trus siap siap buat Munas jam 7 pagi nya.

Sesungguhnya ga terlalu banyak yang bisa gue ceritain dari munas. Emang dasarnya ga terlalu suka sama hal hal yang begituan. Yang gue suka adalah makanan sama coffe breaknya enak enak banget. Juara lah pokoknya~
Di munas hari pertama yang sampe dini hari itu, gue gabisa nahan kantuk gue. Kerjaannya tidur terus, dan ternyata yang tidur sederetan jadi keliatan banget anak vagus tidur semua. Tapi hari kedua, atau ketiga tepatnya, gue melek gara gara mau video bidding. Tapi si gani tetep aja kebo, tidur paling banyak bangun paling susah, heran -_-
Peserta bidding cuma ada dua, vagus sama trisakti, dan mbuh piye carane akhirnya yang menang vagus. selamat you guys! *bunuhdiri*
Munas kali ini sampe 3 hari loh, ga paham lagi. Pada vokal vokal gitu sih katanya. hmm. Tapi di munas ini jadi makin deket sama tbm lain terutama wilayah 3. Mereka gokil dan rusuh sekali. Dan terpilihlah korwil 3 kita mbak bociil *prokprokprok*.
Karena nista nya munas kali ini yang bikin kita punya waktu tidur terbatas, banyak banget kekonyolan mucul, pas kita lagi bidding, kan diabsen tuh per tbm, ada dari UMY alias alert yang delegasinya namanya jef lagi tidur, karena dia sendirian dan ga ada temen, pas dipanggil dia ke gep lagi tidur dan bukannya bangun dia cuma mindahin posisi kepala tok --".
Nah, karena munas ini 3 hari, di sela sela munas, kita ikut seminar dulu, dari pagi sampe sore trus baru dilanjutin munas lagi. Seminar nya di hotel, kece lah pokoknya. Dan bisa diduga, rata rata delegasi tertidur dengan cantiknya ditengah tengah seminar. ckckc. Di sela-sela istirahat seminar, anak anak wilayah 3 beserta ibu korwil malah jalan jalan ke mall dan foto foto di sekitaran hotel. Agak rada rada emang.
Seminar pun selesai, saatnya kembali ke bapelkes dan melanjutkan munas -.- ga berapa lama munas selesai, ketika ketok palu terakhir itu rasanya... terharus sekali :')
Langsung aja para delegasi ambil posisi foto foto di area munas.
wilayah 3
all delegates

singgasana PMPA Vagus

Setelah selesai munas, kita ada caving. Gue masuk ke goa sulaiman, yang lucu disini adalah karena harus ngantri mandi sementara waktu terbatas, gue dan kak dahlia ditinggal sama bis. Akhirnya gue yang baru kelar mandi keluar dengan muka sok baik biar ga di marahin panitia, untung ada panitia yang mau ngangkut gue *terharu*.
Lanjut lah kita ke bengo bengo untuk nginep disana yang bakal dilanjutkan baksos ke daerah bantimurung. Baksos nya keren, tapi karena gabawa kamera jadi fotonya di kamera zhitta semua.

Habis baksos kita jalan jalan, pertama ke bantimurung, abis itu ke pantai losari. Badan gue udah demam gaenak mungkin karena kecapekan kali ya. Malemnya gue tepar, pagi nya pun begitu, padahal hari itu kita jambore yang kabarnya trekking 4 jam ke lembah ramma. Dan ada juga rencana ekspedisi ke bawakaraeng, sampe sampe setiap kenalan sama anak calcaneus selalu ditanya, mau ke bawakaraeng ya? jadi malu sendiri...

Dengan kekuatan cinta, alias tidur yang super duper banyak, akhirnya udah agak baikan badannya, cau kita ke lambana, istilahnya sih beskemnya jalur pendakian bawakaraeng juga lembah ramma. Kita dibagi lima kelompok. Gue masuk kelompok 4. Kira kira berangkat jam 8 pagi dari lambana, kita jalan ngebut sampe kelompok 3 hampir ke salip terus. ckck.

Over all perjalanan naik kita lancar jaya, sampe di lembah ramma bangun dome. Trus main flying fox, tau ga sih anak calcaneus ini waw banget, mereka bawa sling baja ke atas, beras 30kg, elpiji, bahkan mereka bikin WC, sayang aja gada fotonya.
Tapi ternyata yang nyetting sih tetep anak mapala. Pas mau meluncur sempet ngobrol ngobrol tentang bawakaraeng, ternyata 5 orang yang ilang selama 3  hari kemarin baru ketemu hari ini. Pas diujung flying fox, ketemu sama kakak kakak calcaneus, gosip lagi soal bawakaraeng, dan kita dipanggil rapat jam 7 malem nanti sama kakak kakak calcaneus.

Berkumpullah kami, intinya adalah setelah di racuni sama kak mohe, kita akhirnya milih caving. Mau bagaimana lagi lah ya. Obrolan pun dilanjutkan tentang cerita serem bawakaraeng oleh kak mohe, tapi karena udah di suruh makan jadi di pending dulu. Trus balik ke kelompok 4 yang lagi masak masak nom nom nom.
Kita siap siap buat persembahan malem itu, sambil makan tentunyaa. Setelah persembahan, kita anak vagus ga langsung ke dome karena kebiasaan kalo ke gunung ya ngobrol ngobrol tidur  di luar liat langit. Akhirnya main kartu sama anak calcaneus, seruu banget, banyak obrolan dan pengetahuan baru dari mereka. Berasa sama kakak sendiri :').

Besoknya beres beres, pulang ke lambana, sampe lambana sore, karena trontonnya telat, akhirnya kita sampe penginapan malem, karna hari itu juga mau caving sama kak mohe, kita jadinya ga tidur dan diajak main sama kak imal ke sekre. Sampe di logistik ketemu ka andis sama kak nuar, karena rame jadi males ke sekre, eh malah ketiduran di logistik. Trus dibangunin kak imal suruh pindah ke sekre, kalo yang lain pindah dan ngobrol, gue mah cuma pindah tidur doang.
Jam 4 pagi udah dibangunin sama mba donda, terheran heran disekeliling pada bergelimpangan orang-orang tidur di sekre. Nyawa masih separoh udah harus siap siap, packing ini itu buat ke gua.  Kita rencana ke gua anjing sama saripa, kalo cuaca bagus sekalian ke gua salawijaya (gatau bener apa ga namanya). Tapi karna mendung jadinya cuma ke dua gua, yaitu anjing dan saripa. Seru pokoknya ga terlalu capek banyak hepi hepinya. Main air, berenang, lempar lemparan lumpur, trus main perosotan. Asik banget~ Tapi sedihnya selesai caving ga semuanya kumpul lengkap, ada yang hilang. Yaitu, bootnya kak mohe dan satu sendal gunung gue :'(
ornamen goa

Selesai dari gua, kita langsung ke bandara buat nganterin zhitta sama cahya yang flight jam 2. Sementara nunggu kak nuar bawa barang barang mereka, kita kita nyari tiket pulang, yang sayang nya udah abis. Entah harus seneng atau sedih, seneng karena masih bisa sehari lebih lama di makassar, sedih karena... gada! jadi intinya kita seneng karena ga dapet tiket pulang! hahaha
Tapi ada yang sedih lagi, zhitta sama cahya ketinggalan pesawat, gue juga ga paham kejadiannya kayak apa. Karena gue sama mba mita sempet ilang di bandara. Kan mba donda ngambil atm, gue sama mba mita di belakangnya. Kita dalam posisi perut kosong, bukannya liat mba donda kemana malah ngeliatin restoran makanan di kanan kiri jalan. Akhirnya kehilangan jejak kita mutusin buat ke tempat asal, udah nunggu hampir setengah jam gada yang nongol, akhirnya kita memutuskan ke mobil ka mohe. Dengan asumsi mba donda udah beli tiket pesawat. Lama ditungguin ga dateng dateng, gue sama mba mita posisi hape mati semua, akhirnya gue mutusin buat ke tempat asal tadi, dan bener mereka disitu dan mba donda udah nyariin kita bolak balik bandara dua kali. Pftt, pas mau manggil mba mita ga dibolehin takut ilang lagi katanya -_- padahal gue ga ngerasa ilang tuh *gataudiri*

Keputusan akhir adalah zhitta naik pesawat ke jakarta dan si cahya ikut kita pulang besokannya. Sembari nunggu pesawatnya zhitta, kita main jempol. Yang kalah pilih truth or dare, walaupun pada akhirnya jadi dare or dare. Berikut foto foto korban dari main jempol.

mana jempolnyaa??!!

juara 1 : jalan bolak balik pake carrier + helm

runner up : foto 3 pose alay pake helm di depan loket merpati
3rd position : ngajak org random foto pake helm
Sebenernya masih ada 1 lagi, mba mita kena juga tapi karena yang ngupload foto nya dia jadi dia ga ngupload foto dia sendiri, curang ya -_-

Setelah zhitta berangkat, kita pulang ke rumahnya kak mohe. Dirumahnya kak mohe kita semua tepar ga beraturan, dapet tiket baru pagi paginya sama mba donda jalan ke travel sebelah setelah malemnya menyerah karena ga bisa bisa make ATM. Akhirnya, kita pulang jam 18.30 WITA. Seharian di rumah kak mohe, dari mulai berenang, mba mita ngebolang sendirian terus nyasar, sarapan sambil mainin kelincinya kak mohe, terus beli oleh oleh. Oiya yang nyetir gue loh hahaha pertama kalinya nyetir saking gada supir gara gara si wibi mesti pulang duluan.

Karena si woco woco belanjanya lama, akhirnya kita harus buru buru biar ga ketinggalan pesawat lagi. Masalahnya masih ada barang yang ketinggalan di sekretnya calcaneus. Jadi kita sebelum ke bandara harus ke kampus unhas dulu, udah kayak apaan aja dateng dateng kita lari lari ga jelas diliatin delegasi lain yang kaget gara gara vagus masih ada di makassar. hahaha
Akhirnya sampe juga di penghujung acara, setiap pertemuan pasti ada perpisahan, yang jelas saya harus ketemu kalian lagi.
Makasih buat kakak kakak calcaneus yang udah baik banget nget sama kami. Buat TBM lain yang memeriahkan munjam kali ini. Dan juga buat vagus yang memberikan kesempatan gue buat ikut munjam ini.
Saya harus balik lagi ke makassar, soalnya ada yang ketinggalan...yaitu hati saya. hasek~
Tapi serius, banyak momen yang bikin saya susah move on :') terimakasih panitia, kalian menggoreskan banyak bekas di hati kami. huhuhu

pose alay
detik terakhir :')
Sampai jumpa lagi, Makassar~