Baru masuk Koas

Sebelum mulai belajar, gue mau nulis dikit tentang gimana rasanya jadi adek koas. Pengennya sih nulis terus di tiap stase. Semoga keturutan yes.

Stase pertama gue adalah gilut alias gigi dan mulut. Pas masih kuliah kita ga pernah dapet materi ini. Jadi, kita semua masih awam banget. Udah gitu senior kita belom dapet bimbingan sama sekali karena dokternya minggu kemaren sibuk semua.

Rasanya jadi koas itu super duper aneh. Gue dikasih penjelasan IR sama senior dan sama sekali ga ngerti gue harus ngapain nantinya di stase ini. Abstrak banget lah koas ini. Dan gatau kenapa pas gue make jas koas dari parkiran, pas masuk menuju poli itu rasanya....hina banget. Padahal belom ngapa-ngapain juga tapi udah insecure. Biasanya ke moewardi kalo ngurusin skripsi okeoke aja, ini rasanya malu banget gatau kenapa.

Jadwalnya hari pertama itu adalah kenalan sama staf yang ada di Bagian Gilut ini. Ya yu now lah nasib para koas kalo ngadep. Intinya adalah e-ti-tut. Awalnya, gue mau ganti identitas kalo ditanya asalnya darimana, gue bakal jawab dari karang anyar. Soalnya ternyata ada dokter yang sensi sama anak Jakarta, tapi ternyata ditanya nya sama asal SMA nya juga. Gagal deh ganti identitas.

Setelah ngadep dosen, kita ga ngapa-ngapain. Bener-bener definisi ga ngapa-ngapain. Katanya sih kalo gilut emang gitu. Gabut segabut gabutnya kita hari pertama. Tapi walaupun gabut, kita harus pulang setelah semua staf dokter pulang. Ya, begitulah nasib koas.

Fyi, ga cuma sekali sih anak jakarta jadi bahan sorotan. Padahal gue anak bekasi, tapi gara gara sekolahnya di Jakarta jadinya ikutikutan kena.

Masuk hari kedua kita udah mulai ngadep dokter pembimbing masing masing hasil kocokan dari drg. widia. Tapi ya tetep sih cuma ngeliatin doang sama bantuin ngisi rekam medis. Bahkan, ngisi rekam medis aja masih bingung karena sama sekali ga paham sama kata-katanya yang masih asing di telinga. Tapi ya namanya juga belom belajar.

Setelah pasien abis, tiba tiba drg. pradip dateng dan kita bimbingan singkat. Beliau pinter banget, ngajarinnya juga jelas, tapi galak :" bukan galak sih sebenernya, beliau itu maunya kayak tutorial gitu. Masalahnya, kalo tutorial itu kasusnya jelas dan boleh bawa buku, ini kita gatau yang ditanya apa dan gada buku apapun yang bisa dijadiin sumber. Tapi sih dijelasin sama belajar sendiri emang beda banget. Karena waktunya terbatas dan kita kalo ditanya jawabnya lama banget akhirnya bersambung sampe besok berikut PR yang gabisa kita jawab.

Doakan yah, semoga kuat ber e-ti-tut dan bisa ngerjain semua kasusnya.

 Salam Gabut,      


Mbak Koas Gilut

Komentar

Postingan Populer