Baper

Banyak banget kejadian yang bikin baper akhir akhir ini.

Pertama kali baper adalah ketika gue di stase MRI. Ada seorang ibu umur 25 tahun. Dia mengeluh nyeri kepala selama 9 tahun yang makin lama makin memberat. Sebelumnya, si ibu ini udah pernah ngejalanin MRI, tapi pas masuk ke alatnya dia kejang kejang. Fyi, MRI itu modalitas radiologi yang buat prosesnya membutuhkan waktu lama dan ketenangan dari pasien, kalo pasiennya gerak nanti gambarnya jadi jelek. Alhasil diulang deh pemeriksaannya, yaitu pas gue jaga di MRI kemaren.  Pas ibu nya masuk ke ruang MRI, kita kan ngeliat dari ruang yang dibatesin kaca, nah ibu nya minta ditemenin karena takut nanti kejang lagi. Akhirnya masuk cowo yang ternyata adeknya si ibu ini yang nemenin, dia nemenin sambil mijetin kakinya ibunya ga berenti selama satu jam. Petugas yang nganter si ibu ini tiba tiba bilang ke gue.
'Itu adeknya baik banget ya mbak, nungguin terus dari mulai di bangsal sampe disini'
Gue cuma bisa nyengir doang sambil mencerna kata kata nya.
Tiba-tiba dokter konsulen gue dateng dan dengan randomnya nanya 'Itu suaminya toh? Nek iya, kamu mesti nyari suami yang kayak gitu dek'
Pengennya sih gitu dok.....

Kembali ke topik, yang membuat gue baper adalah ibu nya ini masih baru melahirkan dua bulan lalu. Dia diduga kena abses cerebri (ada nanah gitu di otaknya) atau kanker otak. Sedihnya, ternyata dia kena tumor otak. Terus ibu petugasnya pake nanya ke gue pake muka melas 'Trus mbak, bisa sembuh ga kalo di operasi atau kemo? masih muda mbak, baru ngelahirin dua bulan lalu'.
Pandangan gue langsung kembali ke adegan mas mas masih muda yang mijitin kakaknya. Gue berkaca kaca mikirin anaknya. Semoga entah gimana caranya ibunya sembuh ya amiin.

Adegan kedua adalah pas gue jaga di CT Scan. Kali ini ada sepasang suami istri, si istri udah ga bisa ngeliat lagi. Gue anamnesis lah suaminya. Ternyata si istri masih bisa jawab. Dia mengeluh pusing berdenyuk tajem, terus dua minggu terakhir pandangannya ilang semua. Gue kira dia buta sejak lahir bukan karena lesi di otaknya. Suami nya sabar banget ngurus istrinya. Nganter ke toilet, pengobatan, segalaa macemnya diurus suaminya.

Mungkin ada yang mikir harusnya begitu ya. Tapi, gue pernah ke satu bangsal yang orang tua dari pasiennya malah marah marahin anaknya yang sakit HIV. Ya ga paham sih, tapi ngurus orang sakit itu ga gampang loh, jadi gue suka terharu ngeliat penunggu pasien yang dengan sabar ngurus keluarganya yang sakit.

Adegan ketiga adalah ketika ada anak kecil umur 9 tahun yang kena neuroblastoma. Dia bahkan udah ngelakuin kemo di umur 7 tahun. Dia mau kontrol buat liat perkembangan penyakitnya. Adeknya anteng banget, bahkan di infus pun ga nangis. Perawat yang nginfus sampe  ga berenti berenti ngomongin adeknya yang super anteng.

Pelajaran banget buat gue yang suka ngeluh ini...

Adegan lain ketika gue jaga, lagi pengen ke  toilet igd. Trus lewat lorong, tiba tiba ada bapak bapak ngomong.
'Mbak, kalo saya gadaikan STNK motor saya, trus saya pinjem uang satu juta buat beli kantong darah anak saya gimana?'
Gue hening seketika.... 'Maksudnya jaminan STNK ke rumah sakit?' kata gue
'Engga, ke situ mbak, ini saya lagi butuh banget buat anak saya..'
Dengan berat hati gue bilang, 'maaf pak, saya mahasiswa disini'

Ngeliat muka bapaknya yang bingung, ngeliat gimana istri dari bapaknya yang panik nyari bantuan kesana kemari demi nyambung hidup anaknya, dan gue yang gabisa bantu apa apa.... itu bikin baper.

Ini baru beberapa hari gue di rumah sakit ketemu kejadian beginian. Manusia, emang gabisa ngapa ngapain. Mikirin banyak orang susah banget kan. Karena pasien kita itu adalah istri kesayangan suaminya, ibu andalan anak-anaknya, ayah tulang punggung keluarganya, anak satu-satunya dari orang tuanya. Tapi yang ada di otak kita ya dia pasien, ga lebih.

Bingung ga sih. Gue ga cocok kayaknya di rumah sakit, ngeliat adegan adegan macam itu yang pasti bakal lebih banyak lagi gue temuin di kemudian hari. Gue masih ga ngerti apa gue harus kebal kayak orang orang, ga mikir yang aneh aneh lagi. Ga baper.

Karena baper itu capek, takut salah tindakan, takut keluarga nya sedih, takut anaknya si ibunya ga ada yang ngurus. Huft.

Ya semoga bisa jadi dokter yang nolongin beneran, ga tambah memperparah, ga berharap yang jelek jelek buat pasiennya. Karena kata sumpahnya sih harus ngehargain setiap hidup manusia.

Komentar

Postingan Populer