Di tahan tahan aja

Kalo ada yang nanya, sebenernya koass tuh kerjaannya ngapain sih? well..... segala macem kita kerjain kok. Kita emang bener bener butiran debu kalo di kasta rumah sakit. Kasian yah. Mulai dari ngetik ngetik, nulis nulis dibuku register, sampe muter muter ngejar konsultan.

Trus dapet ilmu dari mana? Nah itu dia, gue juga ga ngerti. Gue masih belom bisa paham gue bakal dapet ilmu darimana. Dulu pas gue nanya sama senior dapet apa di koas, mereka bilangnya sih ga dapet apa apa. Tapi sih senior gue lulus lulus aja pas UKDI. Dan mereka udah jadi dokter sekarang.

Bagi gue yang dari awal emang ga pengen jadi dokter, melewati pendidikan profesi ini adalah hal yang paling susah menurut gue. Membiasakan diri untuk di salahin ketika sebenernya bukan kita yang salah, diomelin ketika bahkan kita ga tau apa apa, di maki maki tanpa diberi kesempatan untuk menjelaskan alesan kenapa kita melakukan sesuatu yang menurut dokter lain itu salah.

Secapek-capeknya pre klinik, tetep lebih capek di rumah sakit, seenggaknya dulu masih bisa menyambut hari-hari dengan bahagi tanpa tekanan. Mungkin gue yang overthinking kali ya. Gue takut nanti kalo udah selesai 3 semester pendidikan profesi ini, gue masih belom bisa jadi dokter yang bener dan kompeten.

Karena gue benci dokter dokter yang ngasal sama pasiennya. Gue benci sama dokter yang suka sembarangan ngasih obat simptomatis tanpa mikir efek panjangnya yang penting gejalanya selesai dulu. Gue takut gue bakal jadi dokter kayak apa yang gue benci..

Ini tulisan frustasi banget ya. Jadi kalian adek adek, jangan dipikir jadi dokter itu enak ya. Masih banyak sih dokter yang baik dan keren bisa jadi teladan. Tapi untuk jadi dokter spesialis atau konsultan yang kayak begitu, kalian harus melewati perjalanan panjang penuh tekanan di rumah sakit. Jadi kalo emang mau jadi dokter, mending dipikir dari sekarang niat yang bakal dibawa dan gabakal luntur walaupun udah di jatohin berkali kali sama kehidupan di dunia perkoasan ini.

Ya~ we'll see sih. Gimana kedepannya, semoga tahan tahan deh ya. Belom juga masuk stase gede soalnya. Semoga dan semoga.





Komentar

Postingan Populer