Residen

Gara-gara updateannya pasangan favorit yang mulai bermasalah gara-gara si cowo jadi residen bedah syaraf, gue jadi gatel pengen nulis masalah residen. Udah hampir satu tahun lebih gue njalanin pendidikan profesi dokter. Dari mulai stase surga sampe stase super neraka udah lewat semua. Profesi dokter ini sebagian besar gue jalani di rumah sakit tipe A yang otomatis selalu bersinggungan dengan banyak residen. Jadi residen ini adalah dokter umum yang lagi pendidikan buat jadi dokter spesialis. Karena saking seringnya bersinggungan, gak jarang kita jadi sering ngobrol, kemudian akrab, dan jadilah curcol.

Curcolnya residen paling banyak ngomongin masalah kehidupan. Kami para koas koas yang walaupun udah mau selesai tapi masih gatau mau kemana ini, selalu jadi bahan ceramahan mereka. Dari sudut pandang gue sebagai koas, residen emang fase terendah dari seorang dokter. Itulah kenapa, si residen tiap di pancing dikit, langsung keluar semua curhatannya. Mungkin karena ga punya temen. Pernah, lagi visit bareng di nurse station, sebelahan, trus liat wallpaper handphonenya yang ada foto anaknya. Cuma iseng nanya 'Anaknya ya dok?'.
Ga nyangka  berakhir dengan curhatan panjang, bahwa anaknya dua, semua ikut ibunya di surabaya yang lagi ambil residensi juga. Dia jarang banget pulang sampe sampe anaknya kalo ngeliat dia malah melengos dan gamau di gendong. Duh dok.

Residen juga penuh dengan skandal, mulai dari selingkuh, hamil dan menghamili, kawin-cerai, ya begitulah. Mereka penuh stressor, terutama suju. Jadi, suju itu adalah super junior, atau di beberapa bagian sering dibilang R0. Mereka adalah residen tingkat paling bawah yang baru masuk residensi. Kerjaan mereka mulai dari hal yang ga penting sampe ga penting banget banget. Contoh yang ga penting adalah, muterin microphone saat laporan pagi, yang ga penting banget banget contohnya ngangkatin galon seniornya malem malem di kosannya.

Untuk memahami hal hal kayak begini, kadang kalo bukan se profesi susah banget rasanya. Gue dulu pas preklinik aja agak agak bingung ga percaya. Ga jarang, pasangan residen yang bukan dari profesi yang sama masih sering keheranan masalah beginian. Salah satu pesen residen yang sering adalah 'Kalo emang mau sama yang beda profesi cari yang pengertian dan nerima, kalo enggak, susah.'

Kenyataan yang paling susah diterima orang awam adalah 'dokter ga semulia itu'. Kalo kalian masih berpikir rumah sakit adalah tempatnya para malaikat yang menolong tanpa pamrih, yang lari-lari ke IGD demi menyelamatkan nyawa manusia, ga sepenuhnya salah sih, tapi.... kebanyakan ga gitu. Kalo kalian juga masih ga percaya kalo di dalam sebuah institusi pendidikan resmi yang katanya profesi pengabdian ini bisa melakukan hal hal ga manusiawi ke sejawatnya, silahkan main main ke rumah sakit.


Residen juga ada kegiatan ekstrakulikuler, masing masing bagian beda-beda. Ada yang sepak bola, ada yang tenis, ya semacam itu lah. Anehnya, kegiatan ini pun nambahin stressor. Mereka kadang udah capek jaga, tapi karena jadwalnya main bola, mereka harus dateng. Kalo engga, sanksinya adalah nambah jaga. Kan aneh ya...

Jaga juga ga kalah nguras tenaga, singkat cerita, kalo mereka jaga malem di hari selasa, mereka harus ada di rumah sakit dari selasa pagi sampe rabu sore. Pagi nya suju itu minimal jam 5 subuh. Kerjaan mereka, ya tetep penting ga penting, dari mulai beliin makan seniornya, foto kopiin ilmiahnya senior, mbetulin AC rumahnya senior, ambil ini itu nya senior. Dan di beberapa bagian, ngebeliin ini itu nya senior itu yang ngeluarin duit juniornya. Jaga malem bagi suju juga berarti siap siap ga tidur sepanjang malem. Jadi jangan herah kalo muka mukanya suju di beberapa bagian udah kayak zombie kalo post jaga malem.

Itulah kenapa, keluarga jadi nomor 2 bagi mereka. Bukan maksud begitu mungkin ya, tapi mau gimana lagi, kerjaan gak beres, otomatis bakal dimarahin senior yang berujung gabakal diajarin dan ga dikasih kesempatan tindakan. Alhasil ga berasa setelah jadi senior dan agak santai, ternyata mereka udah kelewatan banyak momen sama keluarganya. Si keluarga mulai terbiasa dengan ketidak adanya si residen ini di rumahnya. Gue sempet mikir, apa yang lebih sedih dari anak yang udah ga pernah kangen ibu/bapaknya karena saking emang ga pernah ada dirumahnya.
 Pernah denger cerita salah satu residen senior yang pas pulang dan ceritanya mau nemenin anaknya tidur, malah diusir sama anaknya karena anaknya gamau tidur sama dia dan lebih milih sama mbahnya. Suaminya, malah bilang 'ya kamu yang ninggalin dia pas dia lagi butuh butuhnya, sekarang ya gabisa dipaksa gitu'
Ada benernya, ya tapi gimana...

Gara gara cerita cerita residen ini, mikir berkali kali lagi deh kalo mau ambil residensi. Apa iya siap ninggalin banyak hal untuk gelar Sp dibelakang nama?

Komentar

Postingan Populer