Lika liku

Mungkin makin kesini tulisan gue ga akan jauh jauh dari dunia rumah sakit. Semacam tiap kalo kumpul sama koas ya bakal ngomonginnya rumah sakit dengan segala pernak perniknya.

Koas gak melulu nyebelin sih. Kerjaan lain koas koas cewe selain gosip adalah ngecengin residen residen ganteng. Ga jarang kita bagi bagi informasi residen ganteng ketika kita mau masuk satu stase. Dari terakhir gue nulis kemaren, gue udah melewati beberapa stase. Sampe yang baru aja gue lewatin adalah anestesi.

Anestesi ini isinya lelaki semua, dan banyak yang kece pastinya. Gue tadinya ga terlalu merhatiin karena gue kan ga centil wkwk. Tapi pada suatu hari, gue jaga di ruang resus  sendirian, kemudian datang lah dokter tinggi putih, menurut gua sih biasa aja. Kenalan basa basi ini itu, kemudian kita jawab konsulan bareng. Sambil nunggu keluarga buat tanda tangan surat penolakan tindakan, gue sama dokternya duduk di ruangan, ceritanya dokternya mau ngajarin baca AGD. Kemudian, dia duduk persis di depan gue dan nunjukin hasil AGD si pasien. Gue liat hasil labnya, sambil dokternya ngejelasin ga berapa lama gue liat muka dokternya, dan muka nya udah persis di depan muka gue, dan kemudian adegan ftv terjadi, gue blank untuk beberapa menit, dokternya ngomong apa gue ga ngeh, dan gue nge batin 'kok dokternya ganteng......'

Alay ya, maaf ya namanya juga koas wkwkwk.

Udah cukup ber alay ria nya. Sekarang cerita beneran. Jadi sehabis  radiologi itu gue masuk stase jantung. Stase yang paling bahagia yang pernah gua jalanin. Walopun capek sering ga dapet tidur kalo jaga tapi residennya superduper baik pinter mau ngajarin dan regulasi nya juga bagus. Di stase ini untuk pertama kalinya gue nge RJP pasien sampe bunyi kretek kretek entah itu dia fraktur apa gimana huft. Walopun ujung ujungnya meninggal juga sih.... Jadi itu posisinya si pasien emang udah jelek banget keadaannya, tapi keluarga masih tetep ngotot supaya tetep di usahakan resusitasinya. Padahal itu gua posisi udah membayangkan bisa tidur, tapi apa daya, jam 3 subuh kebagian RJPO.

Staf jantung juga ada yang lucu. Gua pernah ikutan visite, beliau suka nanya sama pasiennya yang kena jantung koroner, 'ngerokok pak? sekarang masih mau ngerokok?' . Iya jadi banyak banget pasien sakit jantung yang gara gara ngerokok. Fyi, sakit jantung itu ga enak.

Stase lainnya yang seru itu anestesi. Gak seru sih sebenernya, tapi pasiennya macem macem. Jadi, ada pasien yang gagal ginjal, dia sesek banget napasnya, saturasi juga ga naik naik. Posisi pasien ada di HCU Interna. Gue sama residen akhirnya ke sana karena ICU ternyata ACC buat si pasien ini masuk. Dokter residen gue udah ngedumel dan optimis kalo pasiennya di intubasi malah ga balik dan akhirnya plus, bahkan dia udah bilang ke gue 'siap siap RJPO ya dek' sampe akhirnya ibu perawat ngomong 'jangan gitu dok, mungkin aja kalo dokter intubasi nya sekali masuk bapaknya bisa selamet'

Unyu ya ibu perawatnya. Dan bener aja, vital sign nya tetep stabil dan berhasil masuk ICU. Itu ya rasanya ketika berhasil diintubasi,  kemudian saturasi nya bisa naik, semua orang yang bantuin dari mulai perawat, dek siswa, sampe dek koas langsung bilang 'alhamdulillah~'. Lega banget liatnya.

Kemudian balik ke resus dan ga  berapa lama ada seorang ibu masuk udah ga sadar. Itu posisi jam 12 malem kayaknya. Lagi udah ngantuk ngantuknya, masih ada pasien juga di bed sebelah, kemudian di cek ternyata no pulse. Terus entah gimana gue sama residen satunya cuma cengo dan loading agak lama sampe akhirnya kita ngeh bahwa kudu RJPO. Trus entah gimana RJPO nya payah banget, gue bahkan cuma bisa tembus kecepatan 60 kali an per menit. Dan si dokter residen gue ini bilang kalo ini udah menginggal dari tadi. Gue pun makin males RJPO. Akhirnya, lima siklus pasiennya plus.

Tiba tiba ada anak laki laki masuk, terus nangisin ibunya. Terus gue sama dokter residen gue hening.... terus gue baper, semacam 'maaf ya mas, gue RJPO nya ga bener'. Ya walopun mungkin kalo gue bener juga belom tentu sih bakal balik, tapi kan seenggaknya gue udah usaha sebener benernya.

Gue jadi keingetan omongan residen jantung waktu itu, jadi kalo di guideline nya RJPO, kita boleh berenti kalo kita udah capek, kemudian si residen bilang 'Kalian, bayangin kalo itu anggota keluarga kamu atau itu orang yang kamu kenal, kamu pasti ga bakal mau berenti nge RJPO, kalo gamau cape, gausah jadi dokter'.

Iya, jadi gitu, kalo gamau cape gausah jadi dokter huhu.

Masih banyak sih cerita koas, tapi berhubung lelah ntar kapan kapan lagi aja nulis wkwk. Bay~




Komentar

Postingan Populer