Kudu Pinter!

'Mbuh piye carane jadi dokter kudu pinter' -dr.D-

Gue termasuk salah satu yang masuk kedokteran bukan karena kemauan sendiri. Alhasil, hobi gue adalah ngeluh dan komplain. Kalo kalian pikir dokter dokter itu mulia semua, well thats full of sh*t. Gak sedikit dokter yang cuma mikirin uang, belom lagi para residen yang cuma mikirin gimana caranya biar dia aman dan ga di bantai pas cc pagi. Pokoknya dokter dokter itu ga sekeren yang di film korea lah.

Tapi, ada juga sih yang idealis dan keren, walopun sedikit dan tertutupi sama yang nyebelin nyebelin itu. Gue pribadi menuntut diri gue pas koas buat lebih belajar lagi, ga kayak waktu pre klinik dulu. Karena, kalo gue bego, yang kasian bukan gue, tapi pasien gue. Persis sama yang dibilang dr. D itu.

Di stase yang baru aja gue lewatin, terpampang jelas banyak kasus yang karena residennya ga pinter yang jadi korban pasiennya. Kejadiannya pas gue lagi jaga. Gue kebagian nebu dan kuvs sore ke bangsal luar, kemudian gue ke atas lah ke tempat pasien ini. Pas gue dateng mau nensi, bapaknya ngeluh sesek. Gue cek gak ada mengi. Bapaknya gamau make oksigennya karena katanya kalo make oksigen malah tambah sesek. Fyi, Dari sekian banyak staste yang gua lewatin, menurut gue yang paling kasian adalah pasien paru. Kalo pasiennya anes, orangnya emang udah ga sadar, jadi yayaudah, tapi kalo ini, masih sadar penuh tapi susah banget napasnya, gue aja yang ngeliat kadang ikutan sesek :(
Balik ke topik, akhirnya gue ke bawah tempat stand by nya residen buat lapor. Sialnya residen yang jaga adalah residen ngeselin.
'Dok, pasien *** ada keluhan, dia sesek terus ga berkurang'
'Pasien apa?'
'Waduh, kurang tau dok. asma kalo ga salah'
'Yaudah kamu nebu lagi aja,  ada mengi gak?'
'Tadi sih ga ada dok, tp pasiennya sesek'
'Lah yaudah kan gada mengi, katanya asma tadi?'
'Kan kalo gasalah dok *sambilkesel* saya juga kurang tau'
'Yaudah kamu nebu lagi aja sampe tiga kali, kalo sesek lapor lagi'

Kesel ga sih -_- pasiennya siapa, bisanya cuma nyuruh nyuruh nebu, follow up juga kaga, hih. Beskem nya residen ini letak nya di lantai 1 dan si pasien ini di lantai 3. Gua kudu bolak balik bawa nebu, iya kalo ngaruh nebunya, lah ini malah tambah sesek. Akhirnya, residen super junior ada yang ke atas . Saturasi bapaknya cuma 70an. Kemudian residen nyuruh bapaknya make oksigen lagi, naik jadi 80an. Si residen ini juga ga nemu wheezing dan bingung kenapa disuruh nebu padahal ga ada wheezing. Gue juga gatau pasti ini bapak sakit apa dan kenapa sesek banget walopun udah nebu rutin. Akhirnya, karena gada wheezing, residen paling junior menyimpulkan ga perlu di nebu karena ini cuma psikosomatis. Turun lah gue ke bawah.

Selang dua jam, gue lagi stand by di nurse station, tiba tiba ada telpon dari residen nyuruh nebu pasien bapaknya itu. Gue bilang lah baru aja di nebu beberapa jam yang lalu. Si residen ngotot karena sesek ya di nebu lagi tapi oksigen jangan di lepas. Gue keatas lah akhirnya, si bapak masih sesek ga berkurang. Saking geregetannya, gue nebu sambil baca status bapaknya saking pensaran bapaknya ini sakit apa. Ternyata, bapaknya sakit ILD. Intinya, mau di nebu ampe 1 botol penuh juga seseknya gabakal ilang, karena penyebab seseknya bukan karena penyempitan saluran napas kayak di asma atau ppok.

Kasian bapaknya, sesek kayak gitu diterapi ga sesuai sama penyakitnya. Gue yang geregetan akhirnya lapor lagi ke bawah dengan muka bete dan nada tinggi 'DOK MASIH SESEK!'

Dulu waktu di anestesi, pernah pas preskes pagi residen tengahnya di tanya sama staf gabisa, si staf langsung bilang 'Kamu kalo besok saya tanya masih planga plongo begini, saya keluarin ya, atau nambah 4 semester. Kasian nanti kamu bunuh banyak orang'. Gue lumayan merinding sih denger itu.

Intinya, kalo emang ga niat jadi dokter dan gamau belajar, yaudah gausah megang pasien.Sekian.

Komentar

Postingan Populer