Dikhianati

Ga jauh jauh dari cerita hidup koas, kali ini gue mau cerita kerjaan koas yang agak sedikit berguna, yaitu nge reng konsulan dan meriksa pasien IGD. Jadi, koas kalo ada konsulan di bangsal ataupun pasien di IGD bakal duluan meriksa kemudian nulis hasil pemeriksaannya di status, terus residen dateng dan meriksa hasil kerjaan kita.

Nah, pasien ini macem macem banget bentuknya. Ada yang kooperatif banget diperiksa sama koas, ada juga yang ogah-ogahan. Khusus anamnesis, ada pasien yang buka-bukaan banget sama kita, ada juga yang nutup nutupin. Hasilnya sama, ketika residen ngecek nanya pasiennya, si pasien bakal jawab nya beda sama apa yang udah kita laporin ke residen. Itu rasanya..... nyebelin banget.

Gue beberapa kali ngalamin hal nyebelin kayak gitu, dan sedihnya itu di hari yang sama dengan residen yang sama. Entah kenapa gue sial banget hari itu.
Pasien pertama adalah pasien konsulan. Gue sendiri yang ngangkat telpon di igd waktu itu, kebiasaan buruk gue adalah males nyatet padahal gue pelupa. Satu satunya yang gua inget itu konsulannya ada di ICVCU atas nama Tn. N. Terus gue bilang ke temen jaga gue.
'Ada konsulan di ICVCU namanya pak N'
'Lah itu bed E bukan? Kayaknya aku udah jawab konsulan kemaren atas nama bapaknya deh. DM bukan?
'Iya DM, yaudah aku ke ICVCU dulu deh ya'

Berangkatlah gue kesana. Alurnya itu gue kesana dulu, kuvs pasien, trus nulis di lembar konsulan, telpon residen, trus terserah residennya nyuruh nunggu apa engga. Pas masuk ke ICVU ternyata ada dr. Indra, nyapa basa basi bentar trus gue liat statusnya liat hasil lab buat nulis di lembar konsulan. Ternyata hasil gula nya ga terlalu tinggi dan sempet normal. Setelah liat gue  ke bed pasien buat anamnesis singkat.
'Bapak N nggih?'
'Oh iya dok'
'Bapak saya dari penyakit dalam, ini bapak gula nya udah lama?'
'Enggak dok, ini saya aja baru tau kalo gula saya tinggi pas masuk sini...'
Gue melanjutkan anamnesis tentang gejala gejala klasik DM dan bapaknya punya. Setelah selesai dengan yakinnya gue mikir, 'oh bapaknya baru nih DM nya'
Kemudian gue telpon dr. Tyo yang jawab konsulan, beliau bilang minta ditungguin, jadilah gue nunggu. Gak lama dr. Tyo dateng.
'Bed berapa dek?'
'Bed E dok'
Jalanlah kita nyamperin bed E
'Bapak N?'
'Bukan dok, ini bapak M..'
Gue dengan reflek langsung ngomong 'Loh mbak, tadi katanya bener bapak N?'
Mbaknya jawab 'Bukan dok, ini bapak M'
Gue dengan muka melas bilang ke dr Tyo
'Dok, saya udah tanya tanya tadi.....'

Kemudian dr. Tyo berlalu seolah olah ga terjadi apa apa, dan gue masih dongkol karena merasa diboongin. Seolah olah semesta mendukung kebodohan gue saat itu. Dari mulai si pasien yang juga ada riwayat gula trus yang lebih nyebelinnya lagi adalah dr. Indra dan perawat perawat disitu pas gue anamnesis gada yang ngingetin kalo gue salah bed. Bete ga sih...

Di hari yang sama beberapa jam kemudian, ada konsulan dari paru di bangsal. Kali ini gue gabakal salah identitas lagi. Meluncurlah kesana. Baca status ternyata ibu nya ini TB paru udah ada destroyed lung. Pikiran gue 'wah ini KU nya kayaknya udah jelek nih'
Gue ke pasien buat ukur tensi. Ibu nya lagi tidur. Itu baru jam 7 malem. Gue bangunin eh ibunya merem lagi, ditanya juga lemes lemes gitu jawabnya, gue periksa ini itu pun ibunya ga bangun. Terus gue mikir 'wah ini somnolen nih'
Konsulan dari paru pun nulisnya CITO walopun gula darahnya ga terlalu tinggi.
Telpon dr Tyo lah gue. Ternyata beliau lagi ada di deket situ.
'Gimana dek?
'Ini dok konsulan CITO GDS 220 trus kayaknya pasiennya somnolen gitu deh dok, TB nya destroyed lung juga'
'Dimana pasiennya?'
Kali ini gua pastikan gue gasalah orang. Langsung lah menuju ibu yang dimaksud. Masuk bangsal dan..... ibu nya lagi duduk kipas kipas.
Kali ini dr. Tyo langsung refleks 'Somnolen apanya?'

Dalam sehari, dengan residen yang sama, kayaknya citra gue udah rusak di mata dokternya hiks.

Bukan cuma sekali dua kali digituin, sekarang jadi makin kebiasa di boongin pasien. Yaudalah ya namanya juga koass. Bhay.




Komentar

Postingan Populer