Rujukan BPJS

Gue lagi pengen berkeluh kesah seperti biasa. Kali ini bukan mengeluh karena jadi koass, tapi ngeluh jadi dokter internsip puskesmas yang selalu serba salah debat sama pasien karena rujukan BPJS. Bagi gue yang dulu menjalani koass di rumah sakit tipe A, gue udah cukup sering denger keluhan dokter dokter spesialis tentang dokter di PPK1/puskesmas. Biasanya seputar 'kok pasien kayak gini aja dirujuk sih'. Kalimat ini bakal keluar untuk pasien-pasien yang menurut si dokter bisa selesai di PPK1 tapi malah dirujuk ke dokter spesialis. Kemudian bagi pasien pasien yang rujukannya telat, si dokter bakal bilang 'kok baru sekarang di rujuknya'. Omongan-omongan ini bikin gue waktu itu berjanji sama diri sendiri untuk ngerujuk di saat yang tepat, kasian pasiennya kalo harus menderita karena telat penanganan di PPK1.

Setelah hampir dua bulan (iya baru dua bulan) di PPK1, gue menjadi paham kenapa dokter puskesmas harus merujuk pasien yang mestinya selesai di PPK1 dan menahan pasien yang harusnya di rujuk ke dokter spesialis. Jadi gini ceritanya, pada saat mulai praktek, gue nemu pasien dengan serumen prop atau bahasa awamnya kotoran telinga yang mengeras. Penangannya simple, cuma di tetesin obat dan berharap semoga bisa keluar dengan sendirinya. Tapi kalo gabisa keluar, bisa diambil pake alat. Nah, di puskesmas ini alatnya enggak ada. Jadilah kami harus ngerujuk pasien ke dokter spesialis. Itu salah satu contoh kasus kenapa ada penyakit yang harusnya selesai di puskesmas tapi malah dirujuk ke spesialis.

Untuk kasus kedua, kebanyakan pasien yang dateng ke puskesmas itu keluhannya seragam. Ambil aja yang paling banyak 'Dok, saya nyeri pinggang' atau 'Dok, saya nyeri lutut'. Nah, problemnya adalah di puskesmas ini gak ada yang namanya rontgen. Jadi yang bisa kita lakukan hanya pemeriksaan sederhana dan berharap semoga si sakit pinggang ini memang memar otot seperti biasa dan yang sakit lutut ini masih osteoarthritis grade I-II. Kedua penyakit ini kalau gejalanya belum 'parah' dan masih 1 atau 2 hari, maka akan kami obati dengan anti nyeri. Karena kalau semua pasien dengan sakit pinggang dan lutut dirujuk ke dokter spesialis, ujung-ujungnya kami yang kena omel. 'OA aja dirujuk sih dok, jangan nurutin maunya pasien terus dok!'. Akhirnya ya kami hanya bisa edukasi sebisa kami untuk menurunkan berat badan, olahraga, dan lain sebagainya yang kami tau bahwa si pasien kemungkinan sangat kecil untuk melakukannya. Untuk seterusnya pasien akan kembali dan menyalahkan si dokter 'Lutut saya kok sakit lagi sih dok, saya mau dirujuk aja!'.

Lebih sedihnya lagi, ketika dokter spesialisnya bilang ke pasien tsb 'harusnya ibu dirujuk dari kemarin, kenapa baru sekarang?!'
Oh, I wish they know how hard it is to diagnose their patient without those sophisticated tools. Mereka mungkin lupa di puskesmas nggak ada rontgen, bukan kayak RS tipe A yang sakit pinggang langsung bisa dilakuin berbagai pemeriksaan penunjang.

Sebenernya gue juga gamau dzhalim sama pasien. Gue juga sering kepikiran dan takut kalo ternyata gue ga ngasih rujukan ke pasien yang memang harus dirujuk. Trus solusinya gimana? Ya gak gimana-gimana kan cuma mau ngeluh *ditimpuk*.

Tapi percaya deh gak ada satupun dokter yang menginginkan keburukan untuk pasiennya. Kalopun dia salah, itu pasti bukan kehendaknya. Jadi, be nice ya sama dokter dokter, silahkan mencari second opinion, kita ga akan marah, tapi kalo udah mulai nyolot, ya jangan salahin kita kalo pas lagi laper jadi ikutan nyolot deh.

Komentar

Postingan Populer