Internsip Kedua

Manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Hidup memang penuh ketidakpastian, dan semakin kita menuntut kepastian, semakin kita maksa, makin ga tenang hidup kita.

Gue pribadi bukan tipe yang merencanakan sesuatu dengan matang. Tapi untuk nikah dan punya anak, gue mensyaratkan untuk menyelesaikan gelar dokter gue dulu. Karena gue gamau menjadikan anak dan suami sebagai excuse nyusahin temen kelompok koass gue.

Soal menikah, ga begitu jauh dari rencana sih, lulus ukdi kemudian nikah. Lalu gue bikin kesepakatan buat nunda punya anak sampe gue selesai internsip, karena menurut gue bakal ribet kalo hamil pas internsip dan harus ganti cuti melahirkan, kesian juga anaknya baru lahir udah harus di tinggal-tinggal.

Tapi itung-itungan manusia emang beda sama itungan Allah ya. Waktu mau milih wahana, gue berusaha nyari yang deket biar bisa pulang pergi dan tetep deket sama suami. Ada beberapa pilihan ketika itu, tapi gatau kenapa gue milih salah satu RS yang reviewnya jelek. Gue optimis aja toh cuma bakal 1 tahun disitu, pasti tahan. Koass 2 tahun yang penuh dengan terseok seok aja gue tahan kok. Mikirnya sih gitu.

Kebetulan gue dapet kloter yang puskesmas duluan, baru IGD. Puskesmas gue jalani dengan bahagia, ya emang dasarnya anak puskesmas ya. Setelah selesai puskesmas, gue masuk ke IGD. Kaget karena kok begini banget, gue bener bener tertekan karena selalu direndahkan dan dimarahin sama salah satu pembimbing yang kebetulan pas nya jaga bareng sama gue. Padahal kalo sama dokter jaga lain pada biasa aja sama gue. Sampe akhirnya, gue memutuskan untuk ngundurin diri, walaupun dengan konsekuensi harus balikin gaji yang selama ini gue udah terima dan nunggu pembukaan internsip lagi di tahun berikutnya.

Gue ketika itu mempertanyakan diri sendiri, kenapa sampe se gakbisa itu nahan nahan diri kayak yang lain. Sampe akhirnya gue baca konsep bullying, jadi ada 3 kriteria, yaitu dilakukan dari yang superior ke inferiornya, berulang, dan targetting. Semua kriteria itu terjadi di gue.
Waktu mau memutuskan mundur, gue sempet nanya sama temen gue yang lebih dulu mundur dan kaka tingkat gue yang dulu kena bully juga, dan kita ngalamin hal yang sama.
Bener bener serba salah memang posisinya, sebagai target satu satunya, temen temen yang lain gada yang mau ngebelain atau bareng bareng ngaduin ke KIDI. Gue paham sih, mereka juga cari aman, dan si doi ini jago banget intimidasi orang dan membuat orang lain merasa diri disayang, jadi ya yang paling menderita cuma yang kena bully aja.
Kalo ditanya di bully nya gimana, intinya dia akan membuat lo merasa jadi orang paling bodoh sedunia dan membuat lo bingung mau ngelakuin apa karena lo napas aja salah di mata dia. Separah itu.

Gue cukup terhibur ketika kepala IGD mau ngomong sama gue, bilang mau bantu dan belain, beliau juga bilang emang orang ini bermasalah dan beliau mau speak up untuk njagain internsip di IGD. Salah satu comforting wordsnya adalah 'Kalian itu sejawat loh, bukan berarti karna kalian internsip, dia pembimbing, dia bisa seenaknya kayak gitu. Dikiranya orang gabakal tertekan apa di marahin terus terusan ga jelas kayak gitu.'

Akhirnya ada yang berani bilang kayak gitu setelah setiap gue cerita ke orang lain cuma dapet kata kata 'ya emang orangnya kayak gitu, gausah diambil hati'. Menurut gue sih itu bahasa alusnya dari 'ya lo telen sendiri aja, derita lo dia milih lo sebagai target bully nya dia'.

Memutuskan mundur, akhirnya gue bilang sama suami untuk punya anak dulu aja. Rasa-rasanya memang ga worth it aja nunda punya anak buat internsip. Bener aja, ga sampe sebulan langsung deh hamil. Alhamdulillah, mungkin emang udah rejekinya.

Besok, gue akan milih wahana lagi. Ternyata gue masih trauma, gue bener bener takut kalo ketemu orang kayak beliau lagi. Jadi gue bener bener pingin mastiin kalo wahana yang gue pilih ini masih dalam kategori normal.

Tapi ya itu tadi, sebenernya gada yang pasti, tapi gue juga ga sanggup kalo harus ngadepin orang kayak gitu lagi. Gue bahkan masih sering bertanya tanya, kenapa ya gue segitu ga sanggupnya ngadepin tuh orang, tapi balik lagi, gue se tertekan itu disana. Mungkin emang ga semua harus ada jawabannya.

Setidaknya gue udah usaha ketika itu, gue jadi punya pemahaman baru, kalo ga selalu semakin banyak pasien semakin banyak ilmu, ada yang semakin banyak pasien justru semakin ilang empatinya dan asal asalan ngerjain pasiennya. Jadi, stay foolish stay hungry. Semoga kita dijauhkan dari waham kebesaran, merasa paling hebat, paling pinter, paling bisa, dan paling paling lainnya~




Komentar

Postingan Populer