Marriage Life

Sebagai orang yang terbiasa hidup sendiri, dan lebih memilih sendiri daripada harus bareng bareng sama orang tapi ngeribetin, nikah bukanlah prioritas utama gue. Berhubung sekarang banyak banget ukhti ukhti yang promote untuk nikah muda, gue sebagai yang nikah sebelum lulus dokter ingin berbagi pemikiran.

Di post sebelumnya gue pernah nulis bahwa gue nikah karena emang nikah itu adalah stage of life. Semacam tahapan yang harus dilaluin. Walaupun kalo mau ga nikah ya ga papa juga. Waktu masih kuliah, gue bahkan ga punya pacar, gue ngerasa idup ga ada pacar sangat nyaman, bisa main sama siapa aja, jalan bareng sama siapa aja tanpa ada yang ngatur ngatur. Di masa ini juga gue ngerasa sangat bisa ngembangin diri, ikut kegiatan macem macem tanpa ada yang ngerewelin harus ngasih kabar lah, harus ketemuan lah, drama ini dan itu.

Setelah nikah ternyata masalah makin banyak, dari yang udah gue ekspektasiin bakal muncul, sampe yang ga kebayang sama sekali bakal kejadian. Tapi gue yakin, setiap yang menikah dengan orang yang tepat, menurut masing masing tentunya, pasti ngerasa lengkap, aman, tenang, dan nyaman. Gue juga gatau kenapa dan apa pastinya yang bikin gue ngerasa secure setelah menikah. Semacam pemikiran pasti ada solusinya kalo dijalanin berdua. Gue setuju kalo nikah itu bukan untuk menyelesaikan masalah, ibadah juga masih banyak ibadah yang lain kok gak cuma melulu harus nikah. Bahkan menikah itu nambahin masalah, karena gue punya masalah, pasangan juga punya masalah, dan ketika menikah semua masalah gue ya masalah suami juga begitupun sebaliknya. 

Gue juga selalu belain orang orang yang belum ketemu jodohnya di bilangin jangan pilih pilih. Lah kita bakal idup bareng seterusnya masa ga pilih pilih sih. Gue pun kalo denger beberapa temen yang mengeluhkan pasangannya, ga pernah berani berkomentar karena nikah itu sebuah komitmen yang rumit. Bapak ibu gue sendiri sebenernya ga romantis, sering berantem, bokap orangnya ngeselin parah menurut gue dan gue selalu nge batin kayaknya gabakal mau deh punya cowo kayak bokap. Tapi nyokap nerima, walopun ngedumel, mereka bisa bertahan sampe sekarang dan saling melengkapi. Kuncinya ya asal saling nerima, semua bisa dijalanin. Jadi kalo masih suka nge batin, ih orang kayak gitu kok ada yang mau, ya selama ada yang mau nerima kenapa kita yang sewot.

Satu hal lagi, banyak yang jadiin menikah adalah goals. Apalagi emak emak yang suka bilang 'duh udah mapan, cantik, baik tapi sayang belum nikah'. Tapi gabisa nge bantah karena yang ngomong kayak gitu orang yang lebih tua. Gemes rasanya. 
Nikah menurut gue bukan pencapaian, tapi pernikahan yang bisa bikin kita dan suami bahagia, sama sama berkembang, berkah, itu baru pencapaian. Salah juga kalo mikir cowo yang nikah sama kita harus menjamin kebahagiaan dan melindungi kita. Padahal kita nikah sama manusia, bukan malaikat, udah sifatnya manusia saling mengecewakan. Ini juga baru gue pelajarin setelah nikah sih, ketika sadar bahwa wajar banget suami melakukan kesalahan dan bikin kita sedih, bukan berarti dia ga tanggung jawab atau ga bisa ngebahagiain kita. Tapi ya emang dia manusia, yang udah sifatnya punya kekurangan dan berpotensi mengecewakan.

Makin kesini jadi makin banyak hal yang gue baru mulai bisa paham kenapa menikah itu fitrah. Susah buat dijelasin. Tapi sesimpel gue bertahun tahun tinggal sendiri, sebagai seorang introvert gue sangat menikmati me time gue. Setelah nikah, diitnggal suami kerja luar kota 3 hari aja rasanya kayak uring uringan gatau mau ngapain, padahal ya dulu juga sama sama lagi libur dan gada kegiatan gue fine fine aja nonton drama seharian.

Sekarang, gue selalu berusaha bersyukur karena di kasih Allah rezeki jodoh yang ga perlu nunggu lama. Bisa ngerasain nikmatnya berpasangan. Bagi yang belom dikasih semoga dan emang pingin gue doain segera dikasih. Tapi kalo emang ga pingin nikah ya gak papa juga. Setiap orang berhak bahagia di jalannya masing masing terlepas menikah atau enggak. 

Komentar

Postingan Populer