Susahnya Punya Anak

Tiada hari tanpa kelelahan. Padahal 'cuma' ngurus anak. Hal yang paling ga disangka ternyata punya anak mengubah banyak hal. Bagi gue yg termasuk tidak terlalu ambisius dan 'yaudah jalanin aja' pun terkaget-kaget sama perubahan yang mau gamau pasti bakal dialamin sama ibu-ibu. Oh tapi ini gue hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman sekitar ya.

Sedikit cerita latar belakang, gue memutuskan menunda punya anak supaya kehamilan dan kelahiran gue tidak mengganggu proses internship. Nyatanya ada kejadian di luar kehendak, bertemu pembimbing absurd yg membuat gue stress dan memutuskan mengundurkan diri sehingga harus mengulang dari awal di tahun berikutnya, sedangkan suami udah pingin banget punya anak. Singkat cerita, daripada nunda nunda lagi, belom bisa kerja juga, yaudah punya anak aja.

Proses hamil sampe melahirkan pun lancar karena tempat internship gue yg baru dokter dan lingkungannya baik-baik banget. Alhamdulillahnya pula dapet pengasuh yang baik.

Gue ngerasa memiliki beberapa fase, pertama fase rasa bersalah, karena harus ninggalin Bes di usia 1 bulan, yang bisa gue lakuin cuma berusaha ngasih ASI, tapi bonding ke Bes kayak ga ada. Bestari tipe anak yang anteng waktu bayi, jadi kalo dia lagi rewel, gue ga cukup responsif untuk tau dia kenapa, termasuk pas MPASI, gue ngerasa bersalah ke pengasuhnya Bestari karena beliau udah cukup berumur tapi harus ngurus bayi yang gue aja ngerasa kecapean (ini sampe sekarang sih). Jadi dulu tuh bawaannya pengen pulang terus, gamau kalo diajak pergi-pergi abis jaga atau pulang puskesmas. Anehnya, gue pingin pulang bukan karena kangen, tapi kasian sama pengasuh. Dulu ngurus Bes itu emang perkara tanggung jawab aja kayaknya.

Perubahan berikutnya dimulai ketika pengasuhnya Bes pulang dan gue selesai internsip. Gue makin ngerasa super cape dan ga ngerti harus ngapain. Kalo dulu ngerasa bersalah karena ninggalin Bes kerja. Sekarang malah nyalahin keadaan, karena ternyata jadi IRT itu bahkan untuk pipis aja kudu nunggu anak tidur dulu. Gue pikir, gue cukup siap untuk punya anak karena gue udah ga mikir jalan sama temen lagi, udah cukup lah jalan-jalan waktu kuliah sama abis nikah. Ternyata yang bikin ngerasa susah bangetnya itu ya ketika hal-hal mendasar kita bahkan harus ditunda dulu demi anak. Semendasar pipis, pup, makan dan minum. Orang lain mungkin bisa bikin ini jadi bahan candaan, tapi enggak bagi gue sih.

Tapi positifnya disini ketika gue ngurus Bes sendirian, gue jadi lebih responsif, gue kenal Bes. Sama seperti yang anak gunung bilang, kita bakal tau sifat asli orang kalo udh jalan-jalan jauh bareng. Sebenernya, poinnya menurut gue karena kita 24/7 sama seseorang, kita liat semua fase moodnya dia dan cara dia handle situasi. Begitupun sama anak. 

Perubahan lainnya, hubungan sama suami. Ini kalo ga sama-sama ngerti, udah deh kelar. Gue moody, bawaannya kalo udah laper dan capek langsung senggol bacok. Siapa lagi yg jadi pelampiasan kalo bukan suami. Setiap ada yang cerita mau punya anak tapi ga kunjung hamil, gue malah menyemangati dengan 'puas-puasin lah berdua dulu'. Semenjak lahir Bestari, baru dua kali ke bioskop sama suami, mungkin ada yang lebih parah ya tapi buat gue udah cukup parah. Hubungan intim apalagi, kudu nunggu Bestari bobok, gue kecapean, bawaannya males deh. Ini penting sih, karena jangan sampe dipendem trus lama-lama jadi bahaya laten.

Nah, di fase ini, sekarang ini, karena udah nempel banget sama gue, Bes jadi susah lepas dari gue. Makinlah gabisa kemana-mana. Kalo orang-orang pada punya me time, gue nitipin Bestari setengah jam ke nyokap aja beliau udah kecapean. Gue pun juga ngerasa bersalah jadinya kalo nitipin lama-lama. Punya ART udah beberapa kali Bestari ga cocok dan gamau deket. Akhirnya, gue kayak gabisa ngapa-ngapain selain ngurus anak. Mau belajar susah, nonton drakor gabisa karena gue gasuka nonton keputus-putus, mau mulai kerja juga susah. Padahal udah pingin banget menghasilkan uang sendiri. Tapi karena dirasa tidak urgent jadi yaudah tunggu dulu.

Beberapa temen gue ngalamin hal yang sama tapi mungkin ga pernah ada di Instagram yanh ngeluh-ngeluh gini ya. Akhirnya, yang ada dibayangan yang bagus-bagusnya aja. Yang single pengen cepet nikah trus punya anak, sebaliknya yang punya anak pengen single aja lagi lah (semoga gue aja yang begini).

Perasaan itu memang rumit, tapi healing is feeling. Waktu gue ikut seminar parenting, gue malah jadi bisa liat ke diri gue sendiri. Gapapa loh sedih, gapapa juga ngerasa capek, tapi rasa sayang nya gue ke Bestari juga besar dan semoga beneran unconditional. Apapun bentuknya Bestari dan segimana capeknya ngurus Bestari, tapi semoga ga jadi bahan ancaman ke dia untuk nurut atau balas budi ke gue. Karena ya it's on me. Tanggung jawab ada di gue. Tujuan gue sekarang gimana caranya membesarkan Bes tanpa trauma, jadi orang tua yang sadar penuh akan pengasuhannya, sambil nyoba merapikan rencana hidup yang mulai berserakan. Doakan ya.


Komentar

Postingan Populer