Tips Hamil Sehat dan Hemat

Halohalo~

Aku pingin sedikit berbagi tentang pengalaman kehamilanku karena pengalaman punya anak membuatku bolak balik nyari review setiap mau melakukan atau membeli sesuatu.

Tips pertama agar kehamilanmu hemat dan sehat adalah 

Jangan Peduli Apa Kata Orang
Waktu awal hamil kenaikan berat badanku sangat terkontrol sampai ketemu lebaran dan pulang kampung lalu di komentari 'Kok perutnya belum keliatan, pasti gamau makan ya?' 
Gemes dengernya, akhirnya ku jadi makan-makanan manis ga pake mikir, jadilah naik 25kg dan berat Best 3.7kg. 
Anggep aja ini cobaan awal, karena kedepannya kita akan selalu dikomentarin masalah ngurus anak dan printilannya. Go brave yourself ajalah.

USG Disaat yang Tepat
Karena dulu suami belum pindah kerja, jadi ga ada cerita kalo periksa akan di reimburse, ngakalinnya adalah kontrol seperlunya. Karena ga perlu tiap bulan juga USG. Waktu yang penting itu disaat usia 7 minggu, kenapa penting karena untuk memastikan testpack positif itu beneran berisi janin yang berkembang. Testpack positif ada kemungkinan BO atau sering disebut hamil kosong, hamil di luar kandungan, dan hamil anggur. Jadi penting kalo menurutku. 
USG kedua di usia 13 minggu, untuk menentukan usia kehamilan dan HPL. Penting juga karena margin error nya paling rendah pada usia ini. Karena gini, saat usia kehamilan 38-42 minggu itu waktu yang tepat untuk melahirkan, tapi kalau sebelum atau lewat usia tsb akan dilakukan upaya-upaya agar janin tetap pada kondisi maksimalnya. Jadi, jangan sampai salah itung ya.
Selanjutnya, sebenarnya aman sampai 32 minggu atau saat menjelang lahiran, kecuali kalau mau konsul ke fetomaternal untuk ngecek apakah ada kelainan bawaan atau enggak. Kalau pake BPJS, USG ini bisa gratis juga loh, cuma ya memang sesuai indikasi aja dari Puskesmasnya.
Selain dari waktu itu, bisa kok cuma kontrol di Puskesmas. Malah di Puskesmas bisa dapet vaksin TT gratis. Pokoknya jangan gengsi deh ke Puskesmas, apalagi Puskesmas DKI ya, udah top banget pelayanannya.

Konsumsi Vitamin Secukupnya
Bisa ngomong gini karena sudah pernah beli vitamin harga ratusan ribu tapi rasanya gaenak dan lebih cocok sama vitami  Puskesmas. Aku tu punya kebanggan tersendiri sama Puskesmas sebenarnya, karena cuma di Puskesmas boleh cek lab lengkap gratis dan vitamin gratis tanpa syarat. Kalo di Obsgyn cek darah lengkap kisaran 100rb, padahal kita perlu cek HIV, Hep-B, dan Urin. Semua gratis kalo di Puskesmas. Untuk vitamin, waktu masih di Obsgyn untuk sebulan bisa habis 500-700rb sekali kontrol. Bukannya gaboleh sih, silakan aja, kan diriku cari hemat hehehe.
Oiya vitamin yang dibutuhin itu sebenernya cuma tiga, asam folat, besi, dan kalsium. Karena kita butuh dalam jumlah banyak dan sulit banget tercukupi dari makanan, sediaan yang di Puskesmas itu enak banget, ringkes kecil kecil dan gak bikin mual karena emang cuma itu komposisinya. Zat lain bisa didapet dari makanan bergizi ya.

Persiapkan Persalinan dengan Maksimal
Waktu awal hamil, ku langsung rajin browsing dan ternyata ada komunitas gentle birth dan lain sebagainya. Pengalaman ku waktu koass cukup bikin aku trauma karena sering banget liat ibu hamil diteriakin, gada sakral-sakralnya lah. Intinya, ku ga pingin kayak gitu, sampai akhirnya mulai belajar yoga, tapi ternyata ku bukan orang yang bisa relaksasi ya, malah jadi ketiduran, yaudah akhirnya yoga sendiri aja di rumah cari di youtube. Hemat lagi deh. 
Beberapa klinik bersalin udah dapet dan tanya-tanya, ku memutuskan untuk lahiran di bidan karena kehamilan ku alhamdulillah tidak bermasalah dan aku masih cukup bugar. Percaya deh, melahirkan itu diliatin doang juga akan keluar sendiri kalo gada komplikasi atau masalah. Maka dari itu penting melakukan persiapan agar mencegah komplikasi saat melahirkan atau setelahnya. Alhamdulillah karena di bidan dan deket rumah bisa komunikasi maunya gimana, baru masuk ruang bersalin pas udah bukaan 4, jait perineum pake anestesi, ditemenin suami, dan rooming in sama bayi berasa di rumah sendiri karena klinik bersalinnya masih sepi. Oiya lahiran juga bisa gratis loh pake BPJS.

Beli Baju Hamil sekaligus Busui
Karena hamil cuma sembilan bulan tapi nyusuin itu dua tahun (amin).

Jadi tenang aja, hamil sehat ga harus mahal kok, ga perlu minum suplemen kekinian, ga perlu lahiran mahal-mahal kalo budgetnya pas-pasan. Mending dialihkan untuk beli printilan bayi yang memang ga murah dan ga sedikit. 

Komentar

Postingan Populer