Dua Tahun

 Selamat dua  tahun (sebentar lagi) menjadi ibu untuk diriku sendiri!

Ini sungguh sebuah pencapaian besar karena ternyata hingga sekarang aku masih menjadi IRT. Mengurus anak sendiri ternyata sangat menantang. Tapi menjadi mudah karena ternyata ada ilmunya. Walaupun gak semua ilmu gua terapin juga sih.

Dua tahun, saat ini Bes makin ga mau sama orang asing. Total udah 5x ganti Mbak dengan segala dramanya. Sengotot itu gue mau kerja tapi ujung-ujungnya mentok di 'gak tega ninggalin Bes sama orang asing'. Sebagai penenang, suami ngemodalin gue praktek, namun hingga kini gue bahkan jarang nungguin tempat prakteknya karena selalu saja ada drama sama Bes setiap hari.

Bes ini ga susah diaturnya, terutama sama gue. Tapi dia beneran ga bisa ditinggal sama orang asing, bahkan untuk ke kamar mandi aja, dia nangis gerung-gerung. Gue juga bingung enaknya diapain ya. Masalahnya, dulu gue ninggalin Bes kan emang terpaksa banget gada pilihan, dan Emak yang dititipin pun baik dan bisa dipercaya jadi gue selow aja. Kalo sekarang ini emang belum sreg aja, rencana ke daycare pun batal gara-gara coronces. Allah emang gitu banget sih sama gue, kayak ga boleh banget sok sok berencana ini itu, disuruh ikhlasin ajalah gitu.

Perkembangan Bes dengan gue asuh sendiri juga pesat banget alhamdulillah. Belum genap dua tahun udah bisa ngomong tiga kata. Jadi bagi yang gatau (karena gue dulu juga ga ngeh), maksudnya 3 kata adalah anak bisa menyusun kalimat dalam 3 kata. Contoh, anak umur 1 tahun targetnya satu kata. Dulu, Bes bisanya mam, nen, bapak. Lalu mulai belajar kalo dia gabungin kata maknanya beda, dia udah bisa dari 1,5. Contohnya, 'Bu, mam'. Nah, kalo sekarang dia udah bisa 'Bes dah mandi'. Gemes banget denger dia ngomong dengan intonasinya. Belum lagi kalo udah pake akhiran 'ini kan' 'gini dong'. Sotoy banget.

Dia juga udah bisa nyanyi nina bobo dan topi saya bundar. Bukan cuma belakangnya doang tapi beneran nyanyi walopun ga ada nadanya. Karena gue ga pernah berekspektasi macem-macem, jadi buat gue ini hal yang gue syukuri banget.

Perkembangan kayak gitu bukan tanpa usaha, gue kasi youtube atau tv sih tapi ga lama cuma buat sikat gigi doang (jangan ditiru) atau kalo lagi pingin ga diganggu, tapi ini jarang banget. Makanya gue mending ke rumah nyokap karena banyak orang, jadi seenggaknya kalo gue butuh ke toilet atau makan dengan tenang, dia ada yang nemenin. 

Hal lain yang membuat semua lebih mudah adalah adanya ART dan tidak peduli omongan orang. Mau kata orang sayang ilmunya karena gue gak kerja, ya bodo amat. Mau dibilang tidak ikut andil dalam pandemi, ya bodo amat juga, emang ada yang mau jagain anak gue? 

Bodo amat ajalah pokoknya niscaya hidup lebih enteng.


Komentar

Postingan Populer