Gunung

Belakangan ini gue mencoba membuat rencana perjalanan gue sendiri buat jalan jalan. Ternyata para blogger yang suka nulis cerita jalan jalannya secara rinci sangat amat membantu. Jadi, gue memutuskan untuk berbagi pengalaman gue yang udah mulai burem karena saking udah lama nya pergi naik gunung dan baru mau nulis sekarang.

Gue ga jago-jago amat naik gunung. Jadi maap maap aja kalo cerita nya agak agak ga penting.

1. Gunung Lawu
Gunung ini deket dari Solo, tapi bukan di Solo nya. Jadi kalo dari luar kota harus nyewa mobil karna emang adanya bus tapi cuma bisa sampe terminal tawang mangu busnya. Sedangkan pos pendakian masih naik lagi. Tapi tenang, orang Solo baik baik kok, jadi kecil kemungkinan disasarin atau di mahal in.
Naik gunung ini waktu itu pas penmas. Masih belom tau apa apa. Jadi gue cuma bawa sleeping bag, gak bawa matrass. Senter juga masih yang dipegang bukan headlamp. Rain coat juga bawa nya yang buat naik motor, ampuh sih ga tembus tapi ngabisin space. Gue juga cuma bawa tas ransel jaman SMA. Makanan cuma bawa seadanya,  gue emang super berbakat buat jadi pendaki parasit.
Track nya Lawu emang ga terlalu susah, gak perlu 4WD ( definisi buat gunung yang nanjak nya kudu pake bantuan tangan). Tapi masalahnya lawu itu super dingin. Jadi sudah sepatutnya kalo ke lawu bawa jaket tebel dan sleeping bag beneran.
Menurut gue Lawu cocok banget buat pemula, selain tracknya gampang, pos pendakiannya juga udah cukup tinggi, jadi jarak pos awal ke puncak bisa ditempuh dalam waktu 8 jam-an. Tiap pos juga udah ada pendoponya, jalurnya juga jelas banget, mau cemoro sewu atau cemoro kandang tinggal milih. Gue lewat dua duanya dan menurut gue sama aja. Udah gitu di atas ada tukang jualan pulak. Tapi harganya lebih mahal, kalo mahasiswa mah mending bawa sendiri aja. Oiya, di Lawu sih katanya ada sumber air, tapi pas naik kesana dan menurut penuturan AGL (Anak Gunung Lawu) -orang yang kerjaannya kalo mau naik pasti milih lawu- tiap kesana pas lagi kering. Jadi, mending bawa air yang cukup daripada keausan dijalan.

2. Gunung Merbabu
Gunung ini adanya di Boyolali. Gue waktu itu naiknya dari Selo. Karena bareng bareng seangkatan diksar jadinya kesananya naik motor. Ke basecampnya lumayan susah jalannya. Cuma bisa pake motor. Merbabu tipe gunung yang hampir sama kayak lawu selain dari dinginnya. Merbabu ga terlalu dingin menurut gue.
Merbabu punya pemandangan yang lebih wah dari Lawu. Mungkin karna gue naik dari jalur Selo. Gue gatau gimana kalo lewat jalur sebelah. Kalo lewat jalur Selo kita bakal ngelewatin sabana super luas yang ijo. Bikin pengen guling guling. Puncak merbabu itu ada di balik bukit- bukit. Jadi kalo mau summit attack kita kudu ngelewatin beberapa bukit dulu. Serunya adalah pemandangan bukitnya itu super ijo jadi kayak bukit telletubies. Dan kalo cuaca lagi cerah kita bisa liat merapi di seberang sana. Kece deh.
Sumber air di merbabu juga ga ada. Jadi, kudu siap siap air sendiri. Tracknya merbabu lumayan 4WD pas awal awal. Merbabu juga ga punya pendopo kayak lawu, jadi bawa dome sendiri ya.

3. Gunung Arjuna
Ini pertama kalinya gue naik gunung yang agak jauh. Letaknya di Malang, Jawa Timur. Jalurnya juga ada 2. Gue lewat jalur Tretes karena sekalian bareng sama tim pendakian yang mau ke Welirang. Sesungguhnya yang paling males dari naik gunung jauh adalah bawa kerir naik turun bis.
Arjuna ini gunung yang super duper bikin frustasi. Ketinggian gunung ini 3000an mdpl, dan kita start jalan di 900mdpl. Bayangin aja, yang biasanya naik gunung cuma 8 jam ini kita jalan bisa 13 jam buat sampe puncak.
Di jalur tretes ini banyak penambang belerang bolak balik. Dari pos awal kita berangkat sampe pos pondokan itu sebenernya kalo beruntung bisa nebeng bapak bapak yang ke atas pake Jeep buat ngambil belerang di pos pondokan. Lumayan banget loh, kita jalan pagi dan baru sampe pos pondokan jam 8 malem. Sedangkan buat summit attack dari pos pondokan ke puncak kita berangkat jam 5 subuh dan baru sampe jam 12 siang. Mungkin kita emang lemah ya.
Enaknya di Arjuna itu banyak sumber mata air, di setiap pos pemberhentian pasti ada. Seger banget lah~
Tapi, gunung ini termasuk sepi, biasanya jarang yang nyampe ke Arjuna, waktu kita naik aja cuma kita yang ke Arjuna. Di puncak ketemu rombongan mapala lain tapi jalurnya bukan lewat Tretes. Jadi, gue merasa ini gunung tersepi dan termistis yang pernah gue naikin.
Nilai plus nya lagi gunung arjuna punya bukit bukit bunga lavender dan gatau bunga apa namanya warnanya kuning dan tinggi tinggi gitu. Bisa lah buat foto kalender. Selebihnya, ya sama kayak gunung gunung lain yang pernah gue daki.

Cuma segitu aja pengalaman gue naik gunung. Gue termasuk orang yang naik gunung awalnya gara gara buku 5cm. Penasaran banget kayak apa aslinya naik gunung. Se keren itu kah, sesusah itu kah, ya begitu deh. Kesimpulan gue sejauh ini sih, yang paling seru kalo naik gunung itu perjalanannya. Gue bahkan tiap di puncak ga pernah menikmati, bawaannya mau turun aja. Puncak itu panas, angin kenceng,  iya kalo cerah bisa foto, kalo enggak mah ya isinya kabut doang. Begitupun pemandangan lain, kalo lagi cerah enak, tapi kalo lagi badai selama perjalanan isinya cuma keujanan, dingin, basah, melelahkan. Karena alam terlalu cepat berubah untuk diprediksi.
Naik gunung juga capek, bawa kerir dengan logistik penuh, belom lagi nanjaknya. Lelah lah pokoknya. Tapi naik gunung jadi menyenangkan kalo kita bareng orang orang yang asik, masak-makan bareng, bisa ngobrol selama perjalanan, ngenal orang lebih deket lagi.

Tapi kalo sekarang disuruh naik gunung mikirnya pasti lama. Senior gue bahkan bilang orang yang suka naik gunung itu masochist. Karena emang capek banget menurut gue, recovery nya juga lama. Dan penggunaan sendi yang overused itu juga salah satu faktor risiko radang sendi, terutama lutut.Gue sering banget liat pendaki yang kerirnya ga dimaanfatin dengan baik. Kerir yang di pack dengan baik juga harus dipake dengan baik. Semua tali kudu pada tempatnya, tali pinggang, tali dada, semuanya kudu dipake. Kasian punggung kalo cuma nyanggah sendirian. Terus lagi, kalo lagi jalan ga perlu pake baju tebel tebel. Kita bisa menghasilkan panas tubuh yang cukup, karena kalo pake baju ketebelan yang ada malah basah, nah pas lagi berenti masak atau nge camp, baju basah ditambah angin kenceng yang dingin dan perut kosong sangat memungkinkan untuk kena hipotermia. Perut kosong ini perlu dicatet, kita kudu punya glukosa supaya badan kita punya sesuatu yang dibakar, jadi karbohidrat sederhana macem coklat, gula merah, dan sebagainya itu kudu dibawa diperjalanan.

Sekian tips tips dari anak mapala-mapala an. Jadi, kalo sekarang di suruh milih sih ya mending kemping cantik di beberapa spot yang cuma butuh 2-3 jam jalan dari pada kudu naik ber jam jam ke puncak gunung.Capek cyin~